Kompas.com - 05/11/2021, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comWiper merupakan kompenen penting pada mobil, terutama saat hujan. Fungsi wiper adalah menyapu air yang menepel ke kaca depan, sehingga pandangan pengemudi tetap jelas walaupun saat hujan.

Wiper terbuat dari karet di bagian bawahnya, sehingga mempunyai usia pakai yang terbatas. Berikut ini satu tips simpel menjaga kondisi wiper tetap prima untuk digunakan ketika menerabas hujan.

Maria Kayla Augusta, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia mengatakan, merawat wiper cukup mudah dilakukan, bisa sambil mencuci mobil atau sekadar mengelap bodi.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Ingat Lagi Pentingnya Menggunakan Sabuk Pengaman

Karet Wiper toyotadisamarinda.com Karet Wiper

“Kalau misalnya lagi cuci mobil, sekalian saja dilap wipernya, tapi jangan pakai sabun cuci mobil, cukup dengan air hangat,” ucap Kayla dalam acara Bosch Bengkel Talks, Kamis (4/11/2021).

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengangkat wiper arm. Kemudian siapkan juga lap basah, disarankan pakai air hangat. Selanjutnya, lap bagian karet agar bersih dari debu yang bisa mengganggu performa wiper.

Baca juga: Sinnis Outlaw 125 Bergaya Retro Meluncur, Saingi XSR 155 dan W175

“Itu sudah sangat cukup untuk menjaga performa wiper. Selain itu, jangan lupa juga lakukan penggantian wiper secara rutin satu tahun sekali,” kata Kayla.

Namun jika dirasa sapuan wiper tidak maksimal walaupun wiper belum satu tahun digunakan, siap-siap juga untuk mencari wiper baru sebagai penggantinya. Jika wiper mengeluarkan suara, artinya karet sudah getas, harus diganti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.