Begini Cara Cegah Helm Bau Apak Saat Musim Hujan

Kompas.com - 02/11/2021, 17:01 WIB
Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan Kompas/Iwan SetiawanPahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan musuh utama helm ialah lembab. Jika kurang apik merawatnya bagian dalam helm akan berjamur dan mengeluarkan bau apak.

Ahmad M dari komunitas pecinta helm, Belajar Helm, mengatakan, saat musim hujan dan jarang matahari buat menjemur, maka cukup meletakkan helm dalam posisi terbaik.

Tujuan meletakkan helm dalam kondisi terbalik supaya hawa panas cepat keluar.

Baca juga: Begini Cara Mengubah Data SIM Jika Pindah Domisili

Busa helm juga bisa kadaluarsa.Kompas.com/Setyo Adi Busa helm juga bisa kadaluarsa.

“Biarkan helm secara terbalik kira-kira satu jam, kemudian taruh kembali dalam keadaan normal. Kalau tidak dibalik, biasanya gampang berjamur di bagian kain dalam helmnya,” kata Ahmad kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika sudah terlalu basah atau lembab karena keringat atau dipakai saat hujan, cara mengeringkannya cukup diangin-angin, jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mengeringkan helm cukup pakai kipas angin saja. Dalam waktu tiga jam juga kering kalau pakai kipas angin terus menerus. Kalau di jemur efeknya membuat Expanded Polystyrene/Styrofoam (EPS) cepat getas,” katanya.

Baca juga: Vinales Optimistis Bersama Aprilia Tapi dengan Syarat

Cuci visor helmmedcom.id Cuci visor helm

EPS merupakan bagian busa peredam yang menempel di batok helm. Jika getas, kemampuan meredam hantaman bisa berkurang, sehingga keamana dari helm tidak maksimal.

Namun jika ingin cepat kering, cukup bagian busanya saja yang dijemur.

“Bagian busa yang bisa dicopot di helm, boleh dilepas agar lebih cepat kering. Tetapi untuk batok helmnya, cukup diangin-angin saja,” ujar Ahmad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.