Ingin Jadi Pebalap Moto3, Siapkan Dana Minimal Rp 4,9 Miliar

Kompas.com - 02/11/2021, 08:22 WIB
Jalannya balapan Moto3 di GP Italia, Mugello 2019 Twitter/Crash.netJalannya balapan Moto3 di GP Italia, Mugello 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga balap sepeda motor memang bukan olahraga yang murah karena butuh berbagai perlengkapan khusus untuk berlaga. Untuk balapan di kelas Moto3 saja ternyata membutuhkan dana minimal Rp 4,9 miliar. Dana itu belum termasuk kebutuhan penunjang lain.

Kenyataan tersebut diungkapkan oleh Direktur KTM Motorsport Pit Beirer. Beirer mengatakan, para orang tua dari pebalap terkadang dimintai uang yang lumayan besar jika ingin membawa anaknya ke Moto3.

Baca juga: Wildcard di Moto3 Emilia Rogmana, Mario Aji Bawa Pengalaman Penting

"Anda harus membayar 300.000 euro (sekitar Rp 4,9 miliar) jika ingin membeli tempat untuk anak Anda di tim Moto3. Saya melihat daftar harga terbaru untuk itu di Misano," ujar Pit Beirer, dikutip dari Speedweek.com, Senin (1/11/2021).

Romano Fenati (kanan, biru) menendang Niklas Ajo semasa masih membalap di ajang Moto3 di GP Argentina tahun 2015. Fenati adalah pebalap yang bertindak tidak sportif saat seri Moto2 San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018).Crash.net Romano Fenati (kanan, biru) menendang Niklas Ajo semasa masih membalap di ajang Moto3 di GP Argentina tahun 2015. Fenati adalah pebalap yang bertindak tidak sportif saat seri Moto2 San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018).

Pit Beirer menambahkan, uang sebesar itu untuk pebalap yang sudah masuk atau sudah balapan di Moto3 dan hendak mencari tempat di tim lain untuk musim 2022.

"Mahar sebesar 300.000 euro diminta. Ini menciptakan banyak tekanan pada pebalap. Kita bicara soal keluarga yang hancur hanya karena satu musim balap," kata Pit Beirer.

Baca juga: Debut di Moto3, Mario Aji Gunakan Livery AHRT dan Nomor Baru

Untuk mengurangi tekanan tersebut pada pebalap ketika masuk Moto3, menurut Pit Beirer, seorang pebalap harus lebih banyak belajar saat masih di Red Bull Rookies Cup. Khususnya, belajar di sirkuit yang sama dengan yang digunakan di Grand Prix.

Aksi lompat yang dilakukan seorang pebalap Moto3 dari tim Redox PruestelGP, Jakub Kornfeil saat seri balap GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5/2018).Motorsport Aksi lompat yang dilakukan seorang pebalap Moto3 dari tim Redox PruestelGP, Jakub Kornfeil saat seri balap GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5/2018).

Pengorbanan serupa juga dilakukan oleh Casey Stoner. Untuk bisa berkompetisi di kejuaraan dunia, keluarganya harus menjual rumah di Australia dan pindah ke Eropa.

Dengan begitu, para pebalap yang masuk Moto3 akan memiliki mental bersaing yang kuat dan sehat. Sehingga, kecelakaan fatal hingga merenggut nyawa pebalap muda, seperti yang terjadi belakangan ini, dapat dihindari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.