Kompas.com - 31/10/2021, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada segmen mobil city car, Astra Daihatsu Motor (ADM) pernah membawa masuk Daihatsu Ceria pada 2001. Sayangnya usia Ceria tidak bertahan lama. Pada 2006 mobil ini berhenti dijual di Indonesia.

Sebelumnya, Ceria sudah lama mengaspal di Malaysia dengan nama Perodua Kancil. Mobil ini pertama kali dipasarkan di Malaysia pada tahun 1994 silam.

Kemunculan Daihatsu Ceria meramaikan pasar mobil mungil murah sebelum hadirnya era mobil low cost green car (LCGC). Pada saat itu, Daihatsu Ceria menjadi kompetitor bagi Suzuki Karimun dan Hyundai Atoz.

Baca juga: Taat Bayar Pajak, Kendaraan Akan Ditempel Stiker Hologram

Untuk dapur pacunya, Daihatsu Ceria dibekali mesin SOHC 3-silinder segaris, 6 katup, dengan kapasitas 850 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal sebesar 35 HP pada 5.500 rpm dan torsi puncak 63 Nm pada 3.200 rpm.

Daihatsu Ceria kali pertama dijual dalam beberapa varian, yakni KL yang merupakan varian paling standar, KL Plus yang sudah dilengkapi AC, dan KX dengan fitur paling lengkap.

Daihatsu Ceria warna biru lansiran 2004 yang dijual di salah satu bursa mobil bekas daring.Istimewa Daihatsu Ceria warna biru lansiran 2004 yang dijual di salah satu bursa mobil bekas daring.

Jelas untuk saat ini Daihatsu Ceria hanya bisa didapatkan dalam kondisi bekas. Dari pantauan di sejumlah bursa mobil bekas daring, Minggu (31/10/2021), unit yang tersedia hanyalah varian KX.

Namun hal ini bisa jadi kabar beruntung mengingat varian KX merupakan Daihatsu Ceria tipe yang paling lengkap fiturnya.

Baca juga: Syarat Bayar Pajak Kendaraan Satu Tahunan di Samsat

Daihatsu Ceria KX lansiran tahun 2002-2005 dibanderol dengan kisaran harga Rp 30-40 jutaan. Namun ada pula yang menjual dengan harga lebih tinggi karena perbedaan kondisi unit dan angka odometer yang masih rendah.

Perlu diingat bahwa Daihatsu Ceria merupakan mobil dengan usia belasan tahun. Kondisi fisik jadi hal yang wajib diperhatikan. Cek dengan teliti baik dari bodi, mesin, kelistrikan, dan kaki-kakinya. Tidak lupa juga tanyakan kelengkapan surat kepemilikan dan status pajaknya.

Sebagai referensi, berikut kisaran harga Daihatsu Ceria pada akhir Oktober 2021.

  • Ceria KX M/T tahun 2002 harga Rp 35,5 juta
  • Ceria KX M/T tahun 2002 harga Rp 37 juta
  • Ceria KX M/T tahun 2003 harga Rp 32 juta
  • Ceria KX M/T tahun 2004 harga Rp 45 juta
  • Ceria KX M/T tahun 2004 harga Rp 51 juta
  • Ceria KX M/T tahun 2004 harga Rp 53,25 juta
  • Ceria KX M/T tahun 2005 harga Rp 40 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.