Ganti Oli Mesin Sepeda Motor Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Kompas.com - 29/10/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi ganti oli mesin sepeda motor Dok. DAMIlustrasi ganti oli mesin sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat mesin sepeda motor tidak harus selalu pergi ke bengkel. Perawatan seperti mengganti oli mesin secara berkala juga bisa dilakukan sendiri di rumah.

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas pada permukaan setiap komponen mesin, perapat celah antara piston dengan silinder, pendingin dari panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran di dalam silinder dan gesekan antar komponen, pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin, serta untuk pencegahan karat.

Baca juga: Ganti Oli Mesin dan Gardan Motor Skutik Beda Interval, Ini Alasannya

Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka oli mesin perlu diganti secara berkala agar kemampuan melumasinya tetap optimal.

Mengganti oli mesin skutik bisa dilakukan sendiri di rumahKompas.com/Donny Mengganti oli mesin skutik bisa dilakukan sendiri di rumah

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman mengatakan, pengendara sepeda motor juga harus memperhatikan beberapa hal saat melakukan penggantian oli mesin.

"Pastikan sepeda motor pada posisi standar tengah. Ini untuk memposisikan bagian baut pembuangan oli berada pada posisi terendah dari mesin, sehingga saat membuang oli, kotoran di dalamnya akan ikut terbuang," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Awas, Kelebihan Oli Mesin Bisa Berdampak Buruk pada Kendaraan

Ade menambahkan, pastikan mesin sudah dalam kondisi dingin saat membuka dan melepaskan baut pembuangan oli. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan pada ulir crankcase juga ulir baut pembuangannya.

Ganti oli motorShutterstock Ganti oli motor

"Dilarang menyemprot bagian dalam mesin menggunakan udara bertekanan, karena udara bertekanan di dalam kompresor mengandung uap air," kata Ade.

Ade menyarankann untuk mengganti ring oli setiap kali membuka baut pembuangan oli. Tujuannya agar tidak terjadi kebocoran atau rembesan oli mesin di kemudian hari.

Ganti oli sepeda motorOtomania/Setyo Adi Ganti oli sepeda motor

"Bersihkan saringan oli mesin setiap menempuh jarak 12.000 kilometer, karena berfungsi untuk mengidentifikasi apakah ada keausan berlebih pada komponen atau tidak. Jika saringan oli terdapat kotoran berlebih, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujar Ade.

Pastikan setelah selesai memasukkan oli mesin, perhatikan kapasitas oli yang masuk ke dalam mesin dengan memeriksa kapasitasnya menggunakan stick oli yang tersedia. Pastikan permukaan oli di dalam mesinnya berada di antara garis lower dan upper.

"Jangan lupa catat kilometer dan tanggal penggantian olinya untuk menentukan waktu penggantian oli berikutnya," kata Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.