Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Waspada Pohon Tumbang saat Berkendara

Kompas.com - 29/10/2021, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang belakangan ini kerap terjadi di beberapa sejumlah wilayah Jakarta dan sekitar. Kondisi ini menimbulkan banyak kejadian tak terduga, seperti pohon tumbang yang bisa saja menimpa pengendara sepeda motor maupun mobil.

Seperti kasus yang baru saja terjadi kepada pengemudi mobil Honda Mobilio saat melintas di  Jalan Dr Sutomo, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, Riau, Kamis (28/20/2021).

Diketahui pohon besar yang berada di pinggir jalan itu tiba-tiba tumbang dan menimpa bagian tengah mobil hingga ringsek. Beruntungnya tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut.

Baca juga: Yamaha Kenalkan Aksesori Resmi untuk Gear 125

Terkait hal ini, menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, ada beberapa cara untuk menghindari risiko-risiko merugikan dari fenomena alam seperti pohon tumbang.

“Zaman sekarang sudah modern, kita bisa memantau kondisi dan cuaca dari smartphone. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada hujan lebat dan potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi safety, artinya lebih ke pencegahan,” ujar Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Jusri melanjutkan, kondisi tersebut berlaku baik bagi pengguna motor dan mobil. Meski secara tingkat fatalitas lebih berpotensi ke pengendara motor, namun bukan berarti pengguna mobil juga terjamin keselamatannya.

Ilustrasi berkendaraa saat hujan.CarGuide.PH Ilustrasi berkendaraa saat hujan.

“Apalagi bila berurusan dengan objek yang terjatuh dan tak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tetapi tiang listrik atau[un billboard yang terpasang di pinggir jalan,” ucapnya.

Namun, bila kondisi terjadi ketika di tengah perjalanan dan disertai angin kencang, bagi pemotor disarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan dan segera mencari lokasi berteduh yang aman.

Kemudian bagi pengendara mobil, dituntut agar lebih fokus dan meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kecepatan. Tidak hanya pada sisi depan, samping dan belakang, namun juga ancaman dari atas.

Baca juga: Begini Cara Bikin Kaca Helm Anti Embun di Saat Hujan

“Bicara soal objek yang jatuh itu ada banyak, bukan pohon saja. Saat kita memutuskan untuk tetap berjalan dan terkana objek yang jatuh risikonya akan semakin besar, karena benturan terjadi pada dua sisi, bisa saja membuat kerusakan lebih parah,” kata Jusri.

Jusri juga mengingatkan, bahwa mewaspadai bahaya dari atas sebenarnya bukan hanya saat musim hujan saja, tapi setiap hari.

“Maka dari itu, pengendara dituntut untuk selalu berhati-hati saat akan atau sedang berkendara,” ucap Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com