Tips Aman Parkir di Tanjakan Bagi Pengguna Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 25/10/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi parkir mobil resi.blog.realestate.com.auIlustrasi parkir mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir merupakan aktivitas terakhir dari proses berkendara. Untuk orang masih baru dalam mengemudikan mobil, parkir merupakan hal yang menakutkan.

Apalagi jika perkir dalam keadaan sulit seperti tempat yang sempit ataupun parkir di tanjakan.

Pada saat memarkirkan mobil di tanjakan, harus diperhatikan bagaimana langkah yang yang tepat. Jika ada kesalahan, kendaraan bisa saja berjalan mundur sehingga mengakibatkan kerugian baik diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga: Kecelakaan Truk Trailer Lagi, Bahaya Berada di Dekat Kendaraan Besar

Untuk memarkirkan mobil dengan transmisi matik di tanjakan, Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, bahwa sebenarnya parkir di tanjakan tidak terlalu sulit.

Karena pada dasarnya, mobil dengan transmisi otomatis sudah dilengkapi dengan transmisi parkir khusus yang sudah mengunci sehingga kemungkinan untuk mundur kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

"Kalau mobil dengan transmisi matik sudah ada transmisi khusus untuk parkir yang bisa mengunci mobil agar tidak mundur, namun harus tetap ada tindakan preventif untuk jaga-jaga," ucap Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ingat, Ada Ganjil Genap di Ancol, Ragunan dan TMII

Marcell menambahkan ada beberapa tindakan preventif yang bisa dilakukan saat parkir di tanjakan baik untuk mobil matik dan manual, berikut antisipasinya.

Kalau pada saat parkir di pinggir jalan terdapat trotoar, pengemudi harus membelokkan kemudi ke arah kanan. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila kinerja rem tangan tidak maksimal atau bermasalah saat parkir di tanjakan.

Pada saat hal itu terjadi, mobil tidak akan langsung melorot ke bawah karena ban kiri depan akan tersangkut di trotoar.

ilustrasi parkir mobil pararelwww.rgj.com ilustrasi parkir mobil pararel

Namun ketika parkir di tanjakan dan tidak ada trotoar di jalan tersebut, pengemudi harus membelokkan kemudi ke arah kiri. Hal ini dimaksudkan sebagai tindakan antisipasi jika terjadi masalah dengan rem tangan.

Baca juga: Pakai Mobil Diesel, Jangan Langsung Matikan Mesin Setelah Berhenti

Jika melakukan hal ini, dalam kondisi rem tangan tidak bekerja maka kendaraan akan mengarah ke pinggir jalan sehingga tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Dalam keadaan parkir di tanjakan, Marcell menyarankan untuk menggunakan transmisi netral untuk kendaraan manual dan posisi gigi parkir untuk kendaraan matik.

Hal ini dikarenakan kebanyakan orang langsung menyalakan mobil tanpa mengecek posisi transmisi mobil pada saat awal menaiki mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.