Parkir Mundur Pakai Mobil Matik, Pengemudi Harus Lebih Waspada

Kompas.com - 23/10/2021, 11:02 WIB
ilustrasi parkir mobil pararel https://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ilustrasi parkir mobil pararel

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir merupakan aktivitas terakhir dari proses berkendara. Bagi sebagian orang, parkir mobil dalam keadaan mundur apalagi dengan yang sempit merupakan kesulitan tersendiri.

Pada saat melakukan parkir dalam keadaan mundur, bukan hanya skill yang perlu diperhatikan oleh pengemudi. Melainkan kewaspadaan terhadap lingkungan mengemudi juga harus diperhatikan, terlebih lagi untuk pengguna mobil matik.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Bikin SIM Baru di Indonesia

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, untuk parkir dalam keadaan mundur, pengemudi harus tetap waspada. Apalagi jika menggunakan mobil dengan transmisi matik.

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," kata marcell kepad Kompas.com beberapa waktu lalu.

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marcell menyarankan, pada saat parkir menggunakan mobil matik pastikan kaki hanya berada pada pedal rem untuk mengantisipasi salah injak pedal oleh pengemudi.

Kalaupun pengemudi membutuhkan untuk menginjak pedal gas, disarankan untuk menginjak pedal gas secara perlahan.

Baca juga: Stoner Ungkap Alasan Sebenarnya Pensiun dari MotoGP

Pada saat akan parkir mundur, pengemudi harus memastikan terlebih dahulu ruangan untuk parkir. Pastikan tidak ada halangan yang membahayakan ataupun yang akan mengganggu pada saat kendaraan mundur.

Pastikan juga tidak hanya mengandalkan spion mobil pada saat mundur. Karena pandangan di spion mobil tidak menyeluruh, ada blind spot atau titik buta yang tidak terlihat oleh pengemudi.

Pengemudi dapat melakukan observasi terlebih dahulu terhadap lingkungan parkir. Pastikan tidak ada obstacle atau rintangan pada saat akan parkir di lokasi tersebut.

ilustrasi parkir mobil pararelwww.rgj.com ilustrasi parkir mobil pararel

Pengemudi juga dapat menggunakan teknologi yang ada di kendaraan seperti sensor parkir dan kamera mundur. Sehingga bisa terlihat atau terdeteksi apa saja yang ada di belakang mobil. Dengan begitu, maka mobil akan aman dan dipastikan tidak menabrak sesuatu.

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-10R 2022 Resmi Meluncur, Baju Baru Lebih Agresif

"Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur," ucap Marcell.

Marcell menambahkan, dalam melakukan aktivitas parkir, pengemudi diharap selalu waspada dengan lingkungan sekitarnya. Karena banyak kejadian kecelakaan dalam kecepatan rendah terjadi pada saat pengemudi sedang parkir. Maka dari itu kewaspadaan pengemudi sangat diperlukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.