Agar Tepat Sasaran, Pertamina Dorong Konsumsi Solar Berkualitas

Kompas.com - 21/10/2021, 12:02 WIB
Peluncuran Dexlite di Banyuwangi PertaminaPeluncuran Dexlite di Banyuwangi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memastikan bila ketersediaan solar subsidi dalam level yang cukup. Bahkan telah dilakukan penambahan volume penyaluran ke beberapa wilayah yang mengalami peningkatan konsumsi secara signifikan.

Agar pemanfaatan solar subsidi tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukan, Pertamina juga akan melakukan edukasi serta aktivitas yang dijalankan kepada masyarakat atau konsumen.

Brasto Galih Nugroho, Area Manager Communication, Relations & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina Persero mengatakan, sasaran penerima manfaat BBM subsidi sudah diatur dalam regulasi yang ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Solar Langka, Pertamina Bongkar Penimbunan Ilegal di Semarang

Regulasi yang dimaksud adalah Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, untuk sektor transportasi darat.

Pertamina memastikan stok BBM di seluruh Indonesia aman seiring dengan peningkatan permintaan Dok. Pertamina Pertamina memastikan stok BBM di seluruh Indonesia aman seiring dengan peningkatan permintaan

"Produk solar subsidi dikhususkan untuk masyarakat dalam kaitannya dengan transportasi orang atau barang pelat hitam dan kuning, berdasarkan kuota yang ditetapkan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas)," ujar Brasto dalam keterangan resmi Pertamina, Selasa (19/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk jenis kendarannya terdiri dari mobil pengangkutan hasil kegiatan perkebunan dan pertambangan dengan jumlah roda lebih dari enam. Selain itu untuk ambulans, mobil pengangkut jenazah, pemadam kebakaran, mobil pengangkut sampah, dan kereta api umum penumpang dan barang.

 

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, di luar sektor transportasi, penggunaan solar subsidi bisa saja dilakukan, namun demikian diperlukan adanya verifikasi dan rekomendasi dari instansi terkait.

Sedangkan pembelian solar subsidi bagi konsumen kendaraan bermotor di sektor transportasi darat, juga ada aturan mainnya, yakni dari Surat Keputusan Kepala BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 tentang Pengendalian Penyaluran Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Orang atau Barang.

Baca juga: Jokowi Keliling Tarakan Naik Taktis P6 ATAV V1 Buatan Dalam Negeri

"Kendaraan bermotor perseorangan roda empat paling banyak 60 liter per hari per kendaraan, kendaraan bermotor umum angkutan orang atau barang roda 4 paling banyak 80 liter per hari per kendaraan, dan kendaraan bermotor umum angkutan orang atau barang roda 6 atau lebih paling banyak 200 liter per hari per kendaraan," ujar Brasto.

Solar Berkualitas

Khusus untuk mobil pribadi dengan mesin diesel, Brasto mengingatkan konsumen untuk memilih menggunakan jenis BBM berkualitas, layaknya Dexlite dan Pertamina Dex. Selain terbukti ramah lingkungan, keduanya diklaim teruji mampu memberikan performa bagi mesin yang lebih optimal.

Ilustrasi solar berkualitas dengan Dexlite.Dok. Pertamina Ilustrasi solar berkualitas dengan Dexlite.

Hal tersebut bisa dilihat dari nilai Cetane Number (CN) yang dimiliki pada setiap produk solar. Untuk Dexlite sendiri, memiliki CN 51, sementara Pertamina Dex lebih tinggi, yakni CN 53.

"Semakin tinggi nilai CN maka semakin tinggi juga performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Dengan demikian, membuat mesin lebih awet dan bebas karat akibat pembakaran yang tidak sempurna," kata Brasto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.