Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya Daihatsu Buka Suara soal Generasi Baru Avanza-Xenia

Kompas.com - 06/10/2021, 08:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ramai soal kehadiran generasi baru Toyota Avanza dan Xenia yang dikabarkan bakal meluncur sesaat lagi.

Bahkan beberapa desain olah digital mobil sejuta umat ini, mulai banyak beredar di dunia maya. Tentunya sebagai upaya prediksi, seperti apa nantinya penampilan duo mobil terlaris di Indonesia itu.

Menanggapi hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya angkat bicara. Mengingat dua low multi purpose vehicle (LMPV), alias MPV murah kembar itu diproduksi Daihatsu.

Amelia Tjandra, Marketing Director and Corporate Planning & Communicatioan Director ADM mengatakan, cukup kagum dengan karya digital terkait prediksi Avanza-Xenia baru.

Baca juga: Bocoran Gambar Calon Avanza Baru, Lebih Gagah Mirip Xpander dan Raize

"Saya sampaikan apresiasi kekaguman saya luar biasa, tapi kapan akan di-launching produk yang sebenarnya, pada waktunya akan saya kasih tahu," ujar Amel kepada media saat sesi Media Test Drive Rocky 1.2L di Test Course R&D Center ADM, Karawang, Jawa Barat, Selasa (5/10/2021).

Gambar render calon Toyota Avanza model baru.Bagas Satria Akbar Gambar render calon Toyota Avanza model baru.

"Namanya mobil sejuta umat pasti antusias, kami mengapresiasi yang membuat gambar-gambar dengan basis DN Multisix, kreatif sekali. Tapi aslinya bagaimana pada waktunya lah akan dikasih lihat," kata dia.

Lebih lanjut, Amel pun masih menutup rapat keran informasi soal kehadiran generasi baru MPV murahnya yang memang sudah cukup lama dinantikan.

Bahkan saat ditanya mengenai kabar Avanza nantinya akan diproduksi Toyota, Amel pun enggan memberikan informasi. Termasuk soal persiapan dalam keikutsertaannya di ajang GIIAS pada November 2021 nanti.

Baca juga: Rumors Avanza dan Xenia Pakai Platform DNGA dan Penggerak Roda Depan

Konsep Daihatsu DN MultisixFebri Ardani/Otomania.com Konsep Daihatsu DN Multisix

"Saat ini saya belum bisa bicara, pada waktunya nanti ya. Tidak semua produk, Daihatsu yang produksi, karena kami aliansi jadi kami lihat strategi globalnya bagaimana," ujar Amel.

"Kejutan di GIIAS kami hanya bersyukur bisa ikut, kalau dari segi produk jawaban saya standar-standar saja," kata dia.

Rumors kehadiran generasi baru Avanza dan Xenia mulai kuat sejak terdaftar dalam dokumen Permendagri No. 40 Tahun 2021 mengenai Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Baca juga: Bocoran Avanza Xenia Baru Tersebar di Media Sosial

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Diketahui mobil yang diduga Avanza tersebut bakal dihadirkan dalam dua varian mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc dengan kode mesin W100RE dan W101RE. Sementara untuk harga dasarnya dipatok dalam kisaran Rp 164,85 juta hingga Rp 238,35 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com