Cara Bermanuver di Jalan Sempit dengan Teknik yang Benar

Kompas.com - 02/10/2021, 11:42 WIB
Salah gang atau jalan sempit di kawasan DKI Jakarta. Gang atau jalan sempit ini kerap dijadikan jalan tikus karena padatnya arus lalu lintas di jalan utama. KOMPAS.com/Dimas WahyuSalah gang atau jalan sempit di kawasan DKI Jakarta. Gang atau jalan sempit ini kerap dijadikan jalan tikus karena padatnya arus lalu lintas di jalan utama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia, tidak semua jalanan memiliki lebar yang proporsional untuk menjadi tempat pengemudi mobil bermanuver. Salah langkah, bisa-bisa mobil terperosok selokan atau bersenggolan dengan pengguna jalan lain.

Bagi yang sudah berpengalaman, mengemudi di jalan yang sempit memang bukan suatu masalah. Namun, untuk para pemula, melewati jalan sempit bisa jadi menyebabkan gugup dan tegang.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menjelaskan bahwa dibutuhkan persepsi yang benar soal dimensi kendaraan yang dikemudikan saat sedang melalui jalan yang sempit.

Baca juga: Video Viral Mobil Ditilang karena Bawa Sepeda di Kabin, Polisi Akui Salah dan Minta Maaf

“Pertama, penting sekali seorang pengemudi apalagi pemula tahu detail dimensi dari kendaraannya. Tanpa penguasaan yang benar, pasti akan banyak gagal atau bersenggolan,” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Lalu yang kedua, ia menyarankan agar pengemudi melakukan pengamatan dan perhitungan terlebih dahulu. Jika ragu-ragu, tidak perlu malu atau sungkan meminta bantuan orang lain untuk memandu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketiga, lakukan manuver seperti putar setir dan injak gas secara perlahan untuk meminimalisir senggolan yang lebih parah. Kurangi koreksi setir yang justru bisa membuat arah ban tidak akurat,” kata Sony melanjutkan.

Baca juga: Ini Mobil yang Sudah Disuntik Mati tapi Masih Laris

Pelatihan aman berkendara yang digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) di kawasan Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018). Acara bertajuk Honda Safety Driving Clinic ini diikuti oleh para konsumen pengguna Honda dan perwakilan dari berbagai komunitas mobil Honda.Kompas.com/Alsadad Rudi Pelatihan aman berkendara yang digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) di kawasan Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018). Acara bertajuk Honda Safety Driving Clinic ini diikuti oleh para konsumen pengguna Honda dan perwakilan dari berbagai komunitas mobil Honda.

Lalu, lihat situasi di sekeliling kendaraan. Amati terutama pada bagian depan dan samping mobil untuk memastikan bahwa posisi mobil tetap aman.

Lalu poin terakhir yang dijabarkan Sony, jika memang benar-benar tidak yakin untuk melalui jalanan yang sempit, lebih baik tidak usah melintas di jalan tersebut. Cari alternatif jalur lain yang lebih aman untuk menghindari segala risiko yang tidak diinginkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.