Cara Bikin Kapok Pengemudi Bus yang Ugal-ugalan

Kompas.com - 01/10/2021, 11:02 WIB
Bus Haryanto mengalami kecelakaan di Tol Cipali, Senin (27/9/2021). Videonya viral di media sosial. FACEBOOKBus Haryanto mengalami kecelakaan di Tol Cipali, Senin (27/9/2021). Videonya viral di media sosial.

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar video yang memperlihatkan kecelakaan bus AKAP terjadi akibat pengemudi nekat menyusul melewati bahu jalan tol. Bus nampak terlalu kiri sehingga menabrak guard rail jalan tol.

Kabarnya tidak ada korban jiwa pada kecelakaan tersebut. Namun tetap saja, penumpang bisa saja mengalami trauma dan takut untuk kembali naik bus, atau perjalanannya jadi tertunda karena kecelakaan tadi.

Sebenarnya penumpang bisa melakukan beberapa upaya untuk membuat kapok para pengemudi bus yang sedang dinaiki mulai ugal-ugalan di jalan.

Seperti yang akan dijelaskan oleh Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana.

Baca juga: Ini Pilihan Mobil Bekas Harga di Bawah Rp 50 Juta di Bandung

Kecelakaan maut di Jalan Wates-Purworejo tepatnya di kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pukul 03.20 WIB antara Bus Sugeng Rahayu Jurusan Surabaya-Bandung dengan truk kontainer. Dua tewas dan empat luka ringan maupun serius dalam kecelakaan ini.KOMPAS.COM/DANI JULIUS Kecelakaan maut di Jalan Wates-Purworejo tepatnya di kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pukul 03.20 WIB antara Bus Sugeng Rahayu Jurusan Surabaya-Bandung dengan truk kontainer. Dua tewas dan empat luka ringan maupun serius dalam kecelakaan ini.

“Pertama catat nomor telepon Polisi sesuai dengan rute yang dilewati bus. Catat juga nomor punggung dan polisi bus tersebut, rekam aksinya dan laporkan segera,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penumpang sebisa mungkin langsung melapor ke polisi daripada ke kru bus. Jika hanya ke kru, penumpang bisa diturunkan di tengah jalan atau malah cekcok dan menimbulkan keributan.

Baca juga: Daftar Lengkap Tarif Bus AKAP Mewah Pandawa 87

“Selain itu jangan laporkan ke PO busnya, akan percuma juga. Kalau lapor ke Polisi, dia akan berkoordinasi dengan anggota di lapangan untuk menindak,” kata Sony.

Selain itu, bisa juga dengan merekam aksi dari pengemudi bus yang membahayakan. Sehingga nantinya rekaman tadi bisa dijadikan bukti ketika memberikan laporan kepada petugas kepolisian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.