Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Mulai Salurkan Solar Standar Euro 4 untuk Industri Otomotif

Kompas.com - 23/09/2021, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Patra Niaga, sub holding commercial & trading PT Pertamina (Persero) mulai menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) mesin diesel dengan standar Euro 4, Pertamina Dex 50 part per million (PPM).

Penyaluran dilakukan di Integrated Terminal Jakarta – Plumpang, menggunakan mobil tangki berkapasitas 16 ribu liter yang akan dikirimkan bagi agen pemegang merek (APM) otomotif.

Executive General Manager Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Waljiyanto mengatakan, langkah tersebut merupakan upaya konkret perseroan mengimplementasikan aturan terkait Euro 4 sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/KUM.1/3/2017.

Baca juga: Ketahui Tanda-tanda Mobil Minta Jajan ke Bengkel

Ilustrasi emisi kendaraan.jillseymourukip.org Ilustrasi emisi kendaraan.

Hal ini juga sesuai dengan Keputusan Nomor 146.K/10/DJM/2020 Dirjen Migas Kementerian ESDM tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Solar yang dipasarkan di dalam negeri.

“Pertamina Dex Sulfur 50 PPM adalah bahan bakar diesel kualitas tinggi dengan Cetane Number tertinggi 53 dengan Sulfur Content 50 part per million yang menjaga lingkungan dengan standar EURO 4 hasil produk kilang dalam negeri,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (20/9/2021).

Produk ini, menurutnya, juga akan membuat mesin lebih tahan lama dan tangguh karena kandungan sulfurnya yang sangat rendah.

Ia juga menjelaskan Integrated Terminal Jakarta memperoleh pasokan Pertamina Dex 50 PPM dari Kilang Pertamina Internasional Unit Dumai (Kalimantan Timur). Nantinya menyusul akan disuplai dari Balongan (Jawa Barat) dan Balikpapan (Kalimantan Timur).

Baca juga: Pasar LCGC Kembali Pulih Agustus 2021, Calya Sigra Tekuk Brio Satya

Ilustrasi logo Pertamina.SHUTTERSTOCK/Joachim Affeldt Ilustrasi logo Pertamina.

Dengan kapasitas tangki sebesar 11 juta liter, Dex 50 PPM kemudian disalurkan menuju ATPM, industri otomotif, dan produsen peralatan asli (original equipment manufacturer, OEM) di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

“Nantinya secara bertahap masyarakat dapat segera menikmati produk Dex 50 PPM yang ramah lingkungan dan kompatibel dengan mesin kendaraan diesel terkini melalui outlet SPBU di wilayah Jawa Bagian Barat,” kata Waljiyanto.

Adapun produk terkait untuk saat ini baru tersedia di Integrated Terminal Jakarta – Plumpang dan secara bertahap akan tersedia di beberapa lokasi Fuel Terminal wilayah Jawa Bagian Barat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com