Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Suka Sesi Tes, Rossi Tetap Kenang Semua Momen Pertamanya

Kompas.com - 23/09/2021, 15:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi tetap bersemangat menjalani sesi tes resmi di Sirkuit Misano. Meskipun, ini adalah musim terakhirnya menjadi pebalap MotoGP.

Menurut Rossi, sesi tes merupakan salah satu agenda yang tak kalah penting. Namun, dia mengaku tidak begitu menyukai pekerjaan saat sesi tes tersebut.

"Iya, itu adalah sesi tes terakhir saya, momen yang penting. Sejujurnya, saya tidak berpikir akan rindu sesi tes di masa depan," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Melempem Saat Balapan, Rossi Malah Tuai Hasil Bagus di Tes MotoGP 2021

Rossi menambahkan, sesi tes merupakan kerja keras, baik secara fisik maupun mental. Dari pekerjaannya sebagai pebalap, menurut Rossi, sesi tes adalah yang paling sulit. Dia pun memilih untuk balapan.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

Sebagian pebalap MotoGP yang pensiun ada yang berakhir sebagai test rider. Tidak menutup kemungkinan Rossi juga akan membantu sebagai test rider suatu saat nanti. Namun, dia masih belum memikirkannya.

"Saya tidak tahu. Saya harus melihat bagaimana rindunya saya mengendarai motor MotoGP, ketika saya tidak melakukannya lagi. Akan menyenangkan untuk melakukannya sekarang dan nanti," kata Rossi.

Baca juga: Pesan Terbuka Bos Ducati untuk Fans Valentino Rossi

Rossi mengatakan, sesi tes bukanlah hal terindah dari pekerjaannya sebagai pebalap. Menurutnya, mengetes motor bukanlah salah satu momen yang tidak terlupakan sebagai pebalap MotoGP.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Inggris 2021Gold and Goose Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Inggris 2021

"Tapi, mungkin saya akan rindu MotoGP dan nanti saya ingin memiliki kesempatan untuk mengendarainya lagi setiap saat. Saya tidak tahu," ujar Rossi.

Meski demikian, Rossi tetap mengenang momen-momen pertamanya saat melakukan sesi tes. Khususnya, sesi tes di mana dia mengendarai salah satu motornya untuk pertama kalinya.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021Gold and Goose Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021

"Saya ingat dengan baik ketika tes pertama 250 cc, tapi khususnya tes pertama dengan Honda 500 cc di Jerez, sepertinya pada November 1999. Itu luar biasa," kata Rossi.

"Lalu, tes pertama dengan 4-tak Honda di Suzuka, setelah kami menang balapan delapan jam di sana dengan Colin (Edwards), sepertinya pada Agustus 2001. Lalu, saya masih ingat dengan baik tes pertama dengan Yamaha di Sepang pada Januari 2004. Itu semua merupakan sesi tes terbaik dalam karir saya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com