Ini Target Utama dalam Operasi Patuh Jaya 2021

Kompas.com - 20/09/2021, 07:12 WIB
Polisi merazia pengemudi mobil di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat dalam rangka Operasi Patuh Jaya 2020. Dok. Polres Metro DepokPolisi merazia pengemudi mobil di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat dalam rangka Operasi Patuh Jaya 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai Senin (20/9/2021), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melaksanakan Operasi Patuh Jaya 2021. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, tepatnya sampai 3 Oktober 2021.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, operasi bukan berarti hanya di jalanan, melainkan sebuah sistem cara kerja kepolisian dengan sasaran khusus.

“Jadi ini enggak ada razia, sasarannya kan penegakan protokol kesehatan dan disiplin berlalu lintas,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Duduk Perkara Mobil Listrik Ricky Elson Gagal Uji Emisi, Ini Faktanya

Razia knalpot bising Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya Razia knalpot bising

Untuk penegakan protokol kesehatan, sasarannya yaitu orang yang berkerumun. Jadi pada Operasi Patuh Jaya 2021, pelaksanaannya berupa pembubaran kerumunan, bagi-bagi masker serta sosialisasi mengenai 3M.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk penegakan disiplin berlalu lintas, sasarannya seperti knalpot bising, pengguna rotator oleh orang yang tidak berhak, lawan arus, balapan liar, dan lain sebagainya.

Baca juga: Viral, Video Ertiga Gagal Nanjak di Jalan yang Licin

“Penilangan tetap ada untuk pelanggar yang kasat mata. Kalau ada yang kelihatan pasti kita hentikan dan ditindak (tilang),” kata dia.

Selain itu, upaya meningkatkan disiplin berlalu lintas, Polda Metro Jaya juga melakukan sosialisasi dan edukasi ke sekolah-sekolah. Sehingga operasi tidak hanya di jalan saja, melainkan ada juga sosialisasi dan edukasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.