Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Kymco X-Town 250i buat Touring, Berapa Konsumsi BBM-nya?

Kompas.com - 19/09/2021, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKymco X-Town 250i telah meluncur sejak Juli 2020. Kami pun sudah pernah mengulasnya secara lengkap skutik pesaing Honda Forza dan Yamaha XMAX.

Namun ada namun satu parameter yang mungkin ditunggu-tunggu para pecinta skutik gambot, yakni bagaimana impresinya dibawa touring?

Akhirnya, kami berkesempatan menikmati X-Town 250i untuk berkendara ke luar kota. Tidak perlu jauh, kami memilih rute Jakarta-Bogor pulang pergi untuk mengetahui bagaimana kenyamanan dan performa skutik ini.

Baca juga: Honda BR-V Terbaru Siap Meluncur, Ada 5 Varian, Ini Bocoran Harganya

Kymco X-Town 250iKOMPAS.com/Gilang Kymco X-Town 250i

Dengan dimensi (PxLxT) 2.235 mm x 780 mm x 1.370 mm, dan berat kosong 195 kg, motor ini memang terasa besar dan panjang bagi orang Indonesia pada umumnya.

Bobotnya pun terasa berat, terutama ketika memindahkan motor dalam keadaan statis. Saat parkir pastinya Anda butuh bantuan seseorang lainnya untuk menggeser motor ini.

Bicara soal posisi duduk, X-Town 250i menawarkan posisi duduk yang rileks dan santai. Busa jok memang terbilang sangat empuk, namun bahannya terasa tipis, terutama pada beberapa sisi.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas di Bawah Rp 50 Juta di Bandung

Kymco X-Town 250iKOMPAS.com/Gilang Kymco X-Town 250i

Dengan jok yang begitu lebar dan panjang, Anda bisa memilih posisi duduk sesuai selera. Mau agak maju, atau mundur supaya bagian pinggang bisa lebih santai di bagian sandaran, atau di posisi tengah-tengah.

Kebetulan test rider Kompas.com memiliki tinggi badan 165 cm. Dengan tinggi jok mencapai 785 mm, yang mana lebih tinggi dibandingkan Yamaha Nmax (765 mm), kami harus duduk agak maju di joknya. Tujuannya agar kedua kaki masih bisa turun ke tanah, itu pun dengan posisi agak jinjit.

Namun semua berubah ketika motor sudah jalan, posisi duduk bisa lebih mundur lagi biar lebih rileks. Seketika motor terasa ringan, jika mau posisi kaki pun bisa dibuat lebih selonjor ke depan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2021, Bagnaia Raih Pole Position Diikuti Jack Miller

Kymco X-Town 250iKOMPAS.com/Gilang Kymco X-Town 250i

Dengan mesin 249,1 cc SOHC berpendingin cairan yang bertenaga 15,4 kW atau setara 20,6 tk pada 6.500 rpm dan torsi 21,5 Nm.

Tenaga yang dikeluarkan X-Town 250i tidak begitu istimewa. Paling asyik menggeber motor ini pada kecepatan 50 kpj sampai 80 kpj. Lebih dari itu, hentakan tenaga seperti kurang terasa.

Memang kurva tenaga yang disalurkan X-Town 250i tampaknya lebih cocok untuk riding santai. Apalagi getaran pada motor ini terbilang minim, baik pada kecepatan rendah maupun tinggi.

Baca juga: Duduk Perkara Mobil Listrik Ricky Elson Gagal Uji Emisi, Ini Faktanya

Kymco X-Town 250iKOMPAS.com/Gilang Kymco X-Town 250i

Saat berjalan pada rute Jakarta-Bogor, test rider tidak merasa keletihan. Sampai di lokasi tujuan dan kembali ke rumah, badan masih cukup segar. Rasa capek justru lebih terasa saat memindahkan motor ini di parkiran, bukan saat berkendara.

Kenyamanan makin baik karena motor ini memiliki bagasi ekstra luas, yang bisa menampung dua buah helm. Memang salah satu helm harus yang berukuran agak kecil.

Tapi buat Anda yang berkendara sendiri, bagasinya menyisakan ruang yang cukup untuk satu buah ransel berisi penuh.

Baca juga: Beredar Render Terbaru Honda CBR400RR Mesin 4-Silinder

Kymco X-Town 250iKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Kymco X-Town 250i

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com