Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Mengerem di Jalan Basah, Pakai Rem Depan atau Belakang?

Kompas.com - 15/09/2021, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan ini, hujan kerap mengguyur sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Bagi para pengendara sepeda motor, tentu perlu berhati-hati, khususnya saat mengerem di jalan basah.

Teknik pengereman saat kondisi permukaan jalan basah tentu berbeda saat kondisi kering. Jika teknik pengereman kurang baik, tentu dapat memperbesar risiko kecelakaan.

Baca juga: Menghadapi Ban Mobil Selip Saat Hujan, Apa yang Bisa Dilakukan?

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, dalam melakukan pengereman harus mengombinasikan antara rem depan dan belakang secara bersamaan.

Jari di tuas remtribunnews.com Jari di tuas rem

"Namun, penekanannya yang berbeda tergantung situasi jalannya. Jika jalan basah, licin, berpasir dan berbatu sebaiknya penggunaan rem depan jangan terlalu kuat atau dikurangi porsinya," kata Agus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Namun, menurut Agus, cara tersebut juga tidak bersifat mutlak. Jika kondisi aspal yang dilalui baik atau bagus, rem depan bisa ditarik lebih kuat agar pengereman bisa lebih maksimal. Tapi, perlu diimbangi juga dengan rem belakang.

Baca juga: Mulai Sering Hujan, Jangan Sepelekan Jalan Basah Saat Mengemudi

"Dengan pengereman yang benar, meskipun dilakukan saat kondisi jalan hujan stabilitas motor tetap terjaga," kata Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center.

REm belakang Honda CBR 250 RROtomania/Setyo Adi REm belakang Honda CBR 250 RR

Marcell menambahkan, jika hanya rem depan yang ditekan, bisa membuat motor bersama dengan pengendara dan juga penumpangnya terjungkal. Sedangkan jika hanya menggunakan rem belakang, ban akan mengalami slip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com