Motor Mengerem di Jalan Basah, Pakai Rem Depan atau Belakang?

Kompas.com - 15/09/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan motorcyclenews.comIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan ini, hujan kerap mengguyur sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Bagi para pengendara sepeda motor, tentu perlu berhati-hati, khususnya saat mengerem di jalan basah.

Teknik pengereman saat kondisi permukaan jalan basah tentu berbeda saat kondisi kering. Jika teknik pengereman kurang baik, tentu dapat memperbesar risiko kecelakaan.

Baca juga: Menghadapi Ban Mobil Selip Saat Hujan, Apa yang Bisa Dilakukan?

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, dalam melakukan pengereman harus mengombinasikan antara rem depan dan belakang secara bersamaan.

Jari di tuas remtribunnews.com Jari di tuas rem

"Namun, penekanannya yang berbeda tergantung situasi jalannya. Jika jalan basah, licin, berpasir dan berbatu sebaiknya penggunaan rem depan jangan terlalu kuat atau dikurangi porsinya," kata Agus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, menurut Agus, cara tersebut juga tidak bersifat mutlak. Jika kondisi aspal yang dilalui baik atau bagus, rem depan bisa ditarik lebih kuat agar pengereman bisa lebih maksimal. Tapi, perlu diimbangi juga dengan rem belakang.

Baca juga: Mulai Sering Hujan, Jangan Sepelekan Jalan Basah Saat Mengemudi

"Dengan pengereman yang benar, meskipun dilakukan saat kondisi jalan hujan stabilitas motor tetap terjaga," kata Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center.

REm belakang Honda CBR 250 RROtomania/Setyo Adi REm belakang Honda CBR 250 RR

Marcell menambahkan, jika hanya rem depan yang ditekan, bisa membuat motor bersama dengan pengendara dan juga penumpangnya terjungkal. Sedangkan jika hanya menggunakan rem belakang, ban akan mengalami slip.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.