Performa dan Kontribusi Ekspor Suzuki Indonesia Sepanjang 2021

Kompas.com - 10/09/2021, 14:19 WIB
Ekspor mobil Suzuki hasilkan omzet Rp 3,16 triliun. Agung KurniawanEkspor mobil Suzuki hasilkan omzet Rp 3,16 triliun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa dan kontribusi ekspor Suzuki Indonesia sepanjang 2021 cukup bagus, meski dunia masih dalam kondisi pandemi. Bukan hanya roda empat, pengiriman unit dari Indonesia ke luar negeri untuk sepeda motor pun membuahkan hasil positif.

Dirutut dari awal atau kuartal pertama 2021, pertumbuhannya diklaim mencapai 12 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Meningkatnya pengapalan produk ke luar negeri untuk mobil dipimpin XL7.

SUV murah tujuh penumpang tersebut tumbuh 136 persen, sementara Karimun Wagon R mengalami peningkatan 277 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga: Kabar Terbaru Suzuki Jimny 5 Pintu, Punya Mesin Hybrid Meluncur 2022

 

Apriyanto, Production Planning Control Assitant to Dept, Head PT SIM, mengatakan, pencapaian ekspor tak hanya menjadi tanda pasar otomotif internasional mulai pulih, tapi juga bukti kualitas produksi Suzuki Indonesia diakui dan minati pasar global.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hasil ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menghadirkan produk yang bertaraf internasional serta dapat memenuhi kebutuhan pasar luar dan dalam negeri," ujar Apriyanto beberapa waktu lalu di Jakarta.

Seremonial ekspor Suzuki All New Ertiga dan skutik Nex II di CikarangKompas.com/Setyo Adi Seremonial ekspor Suzuki All New Ertiga dan skutik Nex II di Cikarang

Pengiriman utuh atau completely built up (CBU) XL7, berkontribusi hingga 25,3 persen. Sementara untuk performa ekspor Suzuki juga didukung pengapalan Karimun Wagon R secara terurai atau completely knock down (CKD) sebesar 29,3 persen, dan CBU Ertiga 14,1 persen.

Total performa ekspor Suzuki mencapai 17.216 unit selama periode Januari-Maret 2021, dengan 51 negara tujuan ekspor yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, Oseania, dan Afrika.

Selain pencapaian di kuartal awal 2021, Suzuki juga mencatatkan adanya kenaikan angka ekspor CBU di Maret dibandingkan Februari 2021. Peningkatan dipimpin produk buatan dalam negeri, seperti Carry pikap yang permintaannya naik 66 persen.

Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi ErtigaKOMPAS.com/Ruly Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi Ertiga

Sejak pertama kali melakukan ekspor kendaraan baik untuk mobil, maupun sepeda motor hingga saat ini, Suzuki telah mengekspor lebih dari 600.000 unit mobil dan 900.000 unit sepeda motor.

Negara tujuan ekspornya ke 80 negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Oceania, dan Amerika Latin.

Adapun produk-produk yang diekspor Suzuki, yaitu untuk CBU meliputi New Carry Pick Up, All New Ertiga, Suzuki XL7, APV, GSX-R125, GSX-S125, GSX 150 Bandit, Satria F150, Address, NEX II. 

Sementara produk CKD seperti, Karimun Wagon R, New Carry Chasis, GSX-R150, GSX-S150, Shooter, Satria F150, Satria FJ110, Address, dan NEX II.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.