Ini yang Harus Dilakukan jika Telat Memperpanjang Masa Berlaku SIM

Kompas.com - 10/09/2021, 07:12 WIB
Ilustrasi cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.idIlustrasi cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan umum tentang surat izin mengemudi (SIM), yang sering menimpa sebagian besar pemilik kendaraan bermotor adalah lupa atau telat melakukan perpanjangan.

Terlebih, saat ini masa berlaku SIM bukan berdasarkan tanggal lahir lagi tetapi sesuai tanggal waktu pembuatannya, meski tetap lima tahun. Lalu bagaimana jika Anda telat perpanjang SIM?

Mendapatkan masalah perpanjangan SIM memang cukup mengganggu. Jika aktivitas pemilik memang sibuk dan sering mengendarai kendaraan bermotor, maka ada saja kesempatan untuk masalah ini muncul.

Baca juga: Pasang Stiker Besar di Kaca Belakang, Pamer dan Berbahaya

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).polri.go.id Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Menurut Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 11, SIM yang diterbitkan oleh pihak Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang.

Perlu Anda jika Anda telat perpanjang SIM dan masa berlakunya habis, maka SIM tersebut akan dianggap mati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, ketika lupa memperpanjang SIM bahkan melewati tenggat waktu, apa yang harus dilakukan? Solusinya hanya satu, yakni kembali membuat SIM baru. Sehingga, perlu melakukan berbagai tahap lagi seperti tes tulis dan praktik.

Adapun kewajiban mengenai perpanjangan SIM harus disadari oleh setiap pengendara, apapun jenis kendaraan yang dibawa.

SIM atau surat izin mengemudi adalah surat yang wajib dibawa sepanjang berkendara. Jika tidak membawa SIM tersebut, maka dinilai tidak sah untuk berkendara. Bahkan bisa ditilang oleh pihak yang berwenang.

Baca juga: Toyota Raize Sudah Ada Sekennya, Segini Harganya

uji praktik SIM Polres PekalonganPolres Pekalongan uji praktik SIM Polres Pekalongan

Untuk itulah pihak berwenang selalu mengingatkan bahwa demi menjaga rasa nyaman dan aman, pemilik SIM harus melakukan perpanjangan SIM minimal 14 hari sebelum masa berlaku habis.

Dengan memberikan jangka waktu 14 hari ini, maka Anda tidak perlu panik sepanjang proses perpanjangan karena masih banyak waktu yang tersedia kalau memang tiba-tiba ada kepentingan mendadak atau kantor Satpas setempat sedang ramai.

Bahkan untuk perpanjangan SIM sendiri, Anda tidak wajib datang ke kantor Satpas terdekat. Sudah tersedia gerai layanan perpanjangan SIM di beberapa titik keramaian dan juga layanan SIM Keliling, khususnya untuk SIM A dan SIM C.

Jadi, pemilik kendaraan bisa mencari layanan perpanjangan SIM terdekat tanpa harus datang ke kantor Satpas yang memang biasanya lebih ramai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.