Pandemi Covid-19, Penjualan BMW Global Malah Naik

Kompas.com - 08/09/2021, 14:21 WIB
Booth BMW di IIMS Hybrid 2021. KOMPAS.com/DIO DANANJAYABooth BMW di IIMS Hybrid 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, memberikan dampak bagi beberapa sektor jasa dan usaha. Tidak terkecuali bagi para pabrikan otomotif.

Namun, hal yang berbeda justru terjadi pada BMW. Pabrikan asal Jerman itu justru meraup berkah di masa pandemi. BMW berhasil mencatat rekor penjualan di semester pertama 2021.

Member of the Board of Management of BMW AG, Customer, Brands, dan Sales, Pieter Nota, mengatakan, pandemi virus Covid-19 tidak mempengaruhi penjualan BMW Group. Dengan adanya pandemi, justru memaksimalkan jual beli secara online.

Baca juga: Berkah Peningkatan Mobilitas pada Bisnis Lelang Kendaraan

“Selama masa pandemi kami bekerja lebih giat. Kami memaksimalkan dealer dan sumber daya yang dimiliki agar para konsumen melakukan pembelian sepenuhnya secara online," ujar Nota, dalam diskusi secara virtual bersama wartawan, Selasa (7/9/2021).

Selain itu, Noto mengatakan, krisis keterbatasan chip yang menghantui industri otomotif global juga tidak mempengaruhi penjualan BMW.

Sebagai informasi, BMW Group mendapatkan hasil yang sangat positif di 6 bulan pertama 2021 ini di seluruh dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika dibandingkan hasil penjualan semester pertama 2021 dengan 2019 terdapat kenaikan sebesar 7,1 persen.

BMW Group luncurkan dua model terbaru di IIMS 2021Kompas.com/Donny BMW Group luncurkan dua model terbaru di IIMS 2021

Sebanyak 1,339,080 kendaraan dari brand BMW, MINI dan Rolls-Royce dikirimkan ke pelanggan pada enam bulan pertama 2021, menandakan jumlah penjualan yang naik hingga 39,1 persen untuk BMW Group Global (BMW AG), atau tertinggi sepanjang perusahaan ini berdiri.

Selain itu, sebanyak 153,267 kendaraan listrik dihantarkan ke pelanggan pada semester awal 2021 ini.

Hasil tersebut membuat BMW Group Global membukukan pertumbuhan penjualan kendaraan listrik hingga 148,5 persen jika dibandingkan periode sebelumnya (2020).

Baca juga: Keinginan Terakhir Rossi Sebelum Pensiun dari MotoGP

Untuk model BMW, sebanyak 1,178,292 kendaraan dihantarkan ke para pelanggan di seluruh dunia, naik 39,9 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Tiga kendaraan dengan penjualan global terbanyak termaksud BMW Seri 3 dengan pertumbuhan hampir dua kali lipat, naik 49,1 persen, lini lengkap kendaraan BMW X3 dengan pertumbuhan hingga 43,9 persen, khususnya dengan 3 pilihan mesin, ICE, PHEV dan Full EV, dan BMW Seri 5 dengan pertumbuhan penjualan hingga 33,3 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.