Terintegrasi JRku, ETLE Bisa Cek Masa Berlaku Pajak Kendaraan

Kompas.com - 07/09/2021, 10:22 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di salah satu ruas jalan,  di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021). Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan penerapan tilang elektronik  atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional sebagai salah satu program prioritas dengan target penerapan tahap pertama dimulai pada Maret 2021 di 10 Polda dan tahap kedua Pada April 2021 di 12 Polda. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp. ANTARA FOTO/ARNAS PADDASejumlah kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di salah satu ruas jalan, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021). Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional sebagai salah satu program prioritas dengan target penerapan tahap pertama dimulai pada Maret 2021 di 10 Polda dan tahap kedua Pada April 2021 di 12 Polda. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukses dengan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali mengembangkan inovasi guna memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Bersama dengan PT Jasa Raharja, Korlantas Polri meluncurkan aplikasi JRku yang berkaitan dengan pelaksanaan ETLE.

"Ini bagian dari wujud konkret, kerja sama antarlembaga atau antarinstansi, hal apa yang mesti kita lakukan ke depan agar lebih baik lagi," kata Kepala Korlantas Polri Irjne Pol Istiono, dikutip dari situs Korlantas Polri, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Pilihan SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta Saat PPnBM 100 Persen Berakhir

Istiono mengatakan, adanya sinergi JRku dan ETLE, bisa berkaitan dengan persamsatan, pajak, izin perhubungan darat, hingga SIM. Tentunya dengan beberapa tahapan-tahapan perbaikan.

Kerja sama Korlantas Polri dengan Jasa Raharja integrasikan ETLE dengan JRku, Jumat (3/9/2021) di Bali. Kerja sama Korlantas Polri dengan Jasa Raharja integrasikan ETLE dengan JRku, Jumat (3/9/2021) di Bali.

Dengan demikian, pemanfaatkan aplikasi JRku bisa sebagai sarana informasi terhadap pelanggar lalu lintas, tilang elektronik, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi akurasi data juga bagus. Tidak akan ada lagi tembak-tembakan KTP supaya daya akurat. Pendaftaran baru harus menggunakan email dan nomor handphone," ucap Istiono.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono mengatakan, melalui aplikasi JRku, pelanggar lalu lintas yang terpantau sistem ETLE dapat langsung diketahui informasi dan notifikasinya secara real time.

Mulai dari lokasi pelanggaran, jenis pelanggaran, tanggal dan waktu, bahkan lengkap dengan foto rekaman dari CCTV ketika melakukan pelanggaran.

Baca juga: Cara Melewati Tanjakan Pakai Mobil Transmisi Matik, Jangan Lupa Pindah Gigi

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jasa Raharja (@pt_jasaraharja)

 

"Aplikasi JRKu juga memberi informasi cara pembayaran tilang elektronik," kata Rivan.

Selain memberikan kemudahan informasi, menurut Rivan dengan adanya kerja sama melalui aplikasi JRku, Korlantas Polri akan mendapat sejumlah manfaat.

Mulai dari efisiensi dan kecepatan informasi, serta akses data kendaraan bermotor yang telah membayarkan pajak kendaraan, lantaran aplikasi tersebut mampu mengecek masa berlaku PKB dan SWDKLLJ, bahkan mendapat perlindungan asuransi tambahan dari Jasaraharja Putera.

Ilustrasi aplikasi JRku dari Jasa Marga. Ilustrasi aplikasi JRku dari Jasa Marga.

Saat ini, aplikasi JRKu juga telah digunakan untuk pengajuan santunan kecelakaan lalu lintas secara online, rute perjalanan termasuk lokasi-lokasi rawan kecelakaan.

Rivan juga menjamin bila keamanan data, karena aksesnya dilakukan enkripsi, sehingga tidak dapat dibaca pihak lain yang tidak berkepentingan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.