Bahaya di Jalan Raya, Anak Kecil yang Berlari

Kompas.com - 06/09/2021, 18:21 WIB
Bahaya anak kecil di pinggir jalan INSTAGRAM/DASHCAMINDONESIABahaya anak kecil di pinggir jalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan mobil di Indonesia sangat membutuhkan konsentrasi tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya bahaya yang bisa terjadi, salah satunya karena anak-anak yang berlari di pinggir jalan.

Sebuah video yang diunggah akun Dashcam Indonesia di Instagram memperlihatkan seorang anak kecil yang main selonong menyeberang. Beruntung pengemudi sigap dan langsung mengerem saat melihat anak tersebut ingin menyeberang.

Melihat kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, anak yang berlari di pinggir jalan merupakan risiko bahaya yang sering terjadi di Indonesia.

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Katana Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tata kota di Indonesia ini aneh, jalan banyak bercabang, rumah enggak berjarak dengan jalan, dan enggak ada area pedestrian yang aman. Jadi mengemudi di area pemukiman memang berisiko,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Ketika mengemudi di area pemukiman, pastikan jaga kecepatan di 20 kpj sampai 30 kpj. Sony menambahkan, jangan ragu untuk menggunakan klakson sebagai alat komunikasi yang memberi tahu kehadiran mobil ke anak-anak.

Baca juga: Terungkap Alasan Rossi Masih Balapan, Bukan Pensiun Tahun Lalu

“Karena kalau nabrak atau menyerempet orang, bisa berujung masalah dengan hukum. Jadi selalu waspada dan mengontrol emosi agar tidak terburu-buru mengambil keputusan,” kata Sony.

Selanjutnya, selalu gerakan mata untuk melihat dengan luas ke area sekitar. Begitu juga dengan kaki yang siap menginjak rem saat melalui area yang kira-kira menjadi tempat keluar orang atau anak-anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.