Pabrikan Jepang Unggul pada Paten Mobil Listrik, Tapi Penjualan Kalah

Kompas.com - 06/09/2021, 09:02 WIB
Sasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e. ToyotaSasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e.

JAKARTA, KOMPAS.comPabrikan Jepang mungkin tertinggal dalam penjualan mobil listrik di dunia. Namun, dari segi riset dan pengembangan, mereka masih jadi yang paling unggul.

Fakta ini terungkap dari laporan Nikkei Asia yang bekerja sama dengan lembaga riset Patent Results yang berbasis di Tokyo.

Kabarnya, di antara 50 perusahaan global, sebanyak 21 perusahaan Jepang memiliki paten yang sering dikutip atau disengketakan.

Baca juga: Cicilan Toyota Raize Cuma Rp 2,7 Juta per Bulan, Begini Caranya

Nissan LeafDok. NMDI Nissan Leaf

Dari daftar tersebut, Toyota Motor berada di peringkat pertama. Sementara Honda Motor berada di peringkat ketiga, sedangkan Nissan Motor menempati urutan keenam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun dari urutan tersebut, hanya ada 13 perusahaan Amerika Serikat. Ford Motor di urutan kedua, General Motors di urutan keempat, sedangkan Tesla sebagai mobil listrik terlaris saat ini, hanya ada di posisi delapan.

Korea Selatan dan Jerman masing-masing memiliki lima perusahaan, dipimpin oleh Hyundai Motor dan Robert Bosch.

Baca juga: Ketika Kijang Innova Mundur di Tanjakan Curam

Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75DKompas.com/Setyo Adi Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D

Sedangkan pemain otomotif dari China juga tidak kalah. Dalam daftar itu terdapat BYD di tempat ke-32 dan Nio di urutan ke-47.

Penilaian ini berdasarkan banyaknya paten yang melibatkan suku cadang kendaraan listrik, seperti motor dan baterai, serta stasiun pengisian daya dan infrastruktur pendukung lainnya.

Hasilnya, Toyota mencetak 8.363 poin, diikuti Ford dengan 6.564 dan Honda dengan 3.849. Tesla memiliki 1.741 poin.

Baca juga: PPnBM 25 Persen, Simak Harga Terbaru Daihatsu Rocky di Yogyakarta

Honda e meluncur di Tokyo Motor Show 2019Azwar Ferdian/Kompas.com Honda e meluncur di Tokyo Motor Show 2019

Daya saing Jepang dalam teknologi EV berasal dari keberhasilannya pada kendaraan hybrid. Seperti diketahui, mobil hybrid dan EV bisa dibilang punya komponen yang serupa, saling berbagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.