Uji Coba Ganjil Genap Puncak Cianjur Bakal Diperluas

Kompas.com - 06/09/2021, 08:22 WIB
Satlantas Polres Bogor, Jawa Barat,  memberlakukan sistem one way atau satu arah di jalur Puncak Bogor, pada Minggu (5/9/202). KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSANSatlantas Polres Bogor, Jawa Barat,  memberlakukan sistem one way atau satu arah di jalur Puncak Bogor, pada Minggu (5/9/202).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Jawa Barat tengah mengkaji rencana perluasan uji coba pembatasan arus lalu lintas berbasis pelat nomor ganjil genap di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, hingga ke perbatasan Cianjur.

“Kalau memang ada kemacetan dari Cianjur ke Bogor, kita terapkan juga dengan pola (ganjil genap) yang sama,” ucap Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jawa Barat, Brigjen Polisi Eddy Sumitro Tambunan, Sabtu (4/9/2021).

Eddy mengatakan, sejauh ini pihak kepolisian baru konsentrasi menekan volume kendaraan di wilayah selatan Kabupaten Bogor, dari arah Jakarta melalui tujuh titik pengawasan ganjil genap.

Baca juga: Selain Tidak Kuat Nanjak, Ini Dampak Kampas Kopling yang Sudah Aus

Sementara hingga kini kendaraan dengan pelat nomor ganjil maupun genap dari arah Cianjur masih bebas memasuki Jalur Puncak.

Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Harun menyebutkan, pihaknya melakukan pertemuan dengan Polres Cianjur membahas rencana perluasan uji coba ganjil genap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Besok pagi, bersama Ibu Bupati Bogor juga kita adakan rapat bersama Polres Cianjur,” kata Harun, Minggu (5/9/2021).

Baca juga: PPnBM 25 Persen, Harga City Hatchback Naik Rp 18 Juta di Yogyakarta

Adapun tujuh titik pemeriksaan ganjil genap di Jalur Puncak Bogor, yaitu pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di kawasan Sentul.

Pada uji coba ganjil genap tersebut, setiap kendaraan pribadi yang pelat nomornya tidak sesuai angka genap atau ganjil pada tanggal itu akan diputar balik arah.

Meski begitu, ada sejumlah jenis kendaraan yang masuk dalam kategori pengecualian penerapan ganjil genap, yaitu armada pemadam kebakaran, ambulans, tenaga medis, kendaraan dinas TNI-Polri, angkutan umum, angkutan daring (online), serta angkutan logistik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.