Segmen SUV Toyota Terus Tumbuh Setiap Tahun

Kompas.com - 02/09/2021, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) memang sedang naik daun di Indonesia. Fakta ini terbukti pada merek Toyota yang memiliki beberapa lini mobil di segmen SUV, seperti Rush dan Fortuner.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, selama lima tahun terakhir, segmen SUV terus bertumbuh, kontribusinya pada penjualan mobil Toyota terus naik.

“Segmen SUV sangat berkembang di lima tahun belakangan. Bahkan tahun ini kontribusi penjualannya sudah melebihi 30 persen,” ucap Anton dalam Workshop Wartawan Industri, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Karoseri Laksana Kembali Sebar Teaser Bus Baru di Instagram

Toyota Rush GR SportTAM Toyota Rush GR Sport

Berdasarkan data yang dipresentasikan, lini kendaraan SUV dari Toyota rata-rata terjual sebanyak 6.300 unit per bulan. Dengan data Year To Date Januari-Juli 2021, lini SUV Toyota menguasai 37,3 persen market share.

Sedangkan untuk kendaraan di segmen Multi-Purpose Vehicle (MPV) memang terjadi penurunan. Namun walau menurun, segmen MPV tetap menjadi kontributor terbesar penjualan mobil Toyota di Indonesia.

Baca juga: Hyundai Casper, SUV Mungil Calon Pesaing Raize dan Rocky

“Dua model kami, yaitu Innova dan Avanza menjadi nomor satu di segmennya. Bahkan MPV ini masih mendominasi dengan kontribusi lebih dari 50 persen,” kata Anton.

Baik Innova maupun Avanza, tahun ini berhasil meningkatkan penguasaan pasar di segmennya masing-masing. Market share Innova naik menjadi 15,91 persen sedangkan Avanza berhasil meningkatkan penjualannya sebesar 43,6 persen dibanding tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.