Polresta Cirebon Buka Layanan Perpanjang SIM Drive Thru

Kompas.com - 20/08/2021, 16:12 WIB
Layanan SIM Drive Thru di Cirebon Kota yang diresmikan Kamis (19/8/2021) kemarin Tribun Cirebon/ Ahmad Imam BaehaqiLayanan SIM Drive Thru di Cirebon Kota yang diresmikan Kamis (19/8/2021) kemarin

CIREBON, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki semua pengemudi kendaraan bermotor sebagai dokumen kelayakan berkendara. SIM jadi tanda bukti legitimasi kompetensi dari kepolisian bagi seseorang yang telah lulus uji mengemudi.

SIM pun tidak berlaku selamanya, hanya 5 tahun saja. Maka dari itu, kartu ini perlu diperpanjang masa berlakunya secara berkala. 

Untuk melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, masyarakat bisa langsung mendatangi Satpas di Polres daerah masing-masing. Ada pula Polres di sejumlah wilayah yang membuka layanan SIM keliling.

Selain itu, kini Polri pun telah meluncurkan layanan perpanjangan SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.

Baca juga: Desain Race Control Sirkuit Mandalika dengan Atap Ikonik

Kini di Kota Cirebon, Satlantas Polresta Cirebon membuka layanan baru untuk perpanjangan SIM secara drive thru. Layanan ini diresmikan Kamis (19/8/2021) kemarin oleh Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

SIM Drive Thru merupakan pelayanan bagi seluruh warga Kabupaten Cirebon untuk melakukan perpanjangan masa berlaku baik SIM A maupun SIM C,” kata Arif dalam keterangan resminya.

Arif pun mengatakan layanan perpanjangan SIM ini hanya membutuhkan waktu total 5 menit hingga SIM selesai dicetak. Layanan SIM drive thru ini mempercepat proses perpanjangan dan mencegah adanya praktik calo.

Baca juga: Sudah Tahu Ada STNK dan TNKB Rahasia? Ini Penjelasannya

Selain itu, dengan adanya layanan secara drive thru turut mendukung program pencegahan penularan virus Covid-19 karena pemohon dan petugas tidak ada kontak sentuhan secara langsung.

“Pada dasarnya mekanismenya sama, tapi kita potong birokrasi-birokrasinya dan sangat memperhatikan protokol kesehatan,” kata Arif melanjutkan.

Ke depannya, Satlantas Polresta Cirebon juga berencana melakukan sistem jemput bola dengan mengoperasikan SIM drive thru secara berkeliling ke daerah-daerah pelosok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.