Perbedaan Nissan Leaf yang Dijual Resmi dengan Model Lama

Kompas.com - 19/08/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comNissan Leaf merupakan mobil listrik paling laris di dunia. Nissan mengklaim Leaf telah terjual hingga lebih dari 500.000 unit sejak meluncur pada 2010.

Di Indonesia, Leaf sejatinya telah dikenalkan sejak 2019 lewat beberapa pameran di Jakarta. Namun, baru kali ini Leaf resmi dijual, dengan harga Rp 649 juta (one tone) dan Rp 651 juta (two tone).

Lantas, apa yang membedakan Leaf yang dulu diperkenalkan dengan versi yang dijual ke konsumen sekarang?

Baca juga: Selama PPKM, Pendapatan DAMRI Naik karena Bus di Luar Jawa-Bali

Interior Nissan LeafDok. NMDI Interior Nissan Leaf

“Memang kita telah sering membawa atau memamerkan Niissan Leaf,” ujar Bagus Susanto, Nissan Representative Director, dalam konferensi virtual (18/8/2021).

“Model yang sekarang kami jual di Indonesia adalah penyempurnaan dari model yang sebelumnya,” kata dia.

Secara umum, Leaf yang dijual saat ini masih sama dengan model sebelumnya. Salah satu penyempurnaan datang dari soket charger yang berbeda.

Baca juga: Ada Diskon dan Hapus Sanksi Pajak Kendaraan untuk Warga Jakarta

Nissan LeafDok. NMDI Nissan Leaf

Menurut Bagus, model Nissan Leaf sebelumnya menggunakan model colokan Type 1. Model itu hanya menyediakan colokan listrik Chademo untuk aliran listrik DC dan colokan listrik AC.

“Model yang sekarang kita luncurkan menggunakan Type 2, apa keuntungannya? Type 2 ini yang paling umum, di mana seluruh SPKLU atau seluruh fasilitas AC Charging yang ada, itu pada umumnya sudah menggunakan Type 2,” ucap Bagus.

Selain di eksterior, perbedaan Leaf terkini juga terlihat pada bagian interior. Di mana sistem infotainment sudah jauh lebih modern.

“Di mana pada model yang kita luncurkan hari ini, infotainment system menggunakan layar 8 inci, lebih besar dibandingkan sebelumnya,”  kata Bagus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.