Pengakuan Brad Binder yang Nekat Tak Ganti Motor

Kompas.com - 16/08/2021, 13:01 WIB
KTM South African rider Brad Binder steers his motorbike during the first free practice session ahead of the Austrian Motorcycle Grand Prix at the Red Bull Ring race track in Spielberg, Austria on August 13, 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP) JOE KLAMARKTM South African rider Brad Binder steers his motorbike during the first free practice session ahead of the Austrian Motorcycle Grand Prix at the Red Bull Ring race track in Spielberg, Austria on August 13, 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)
|

SPIELBERG, KOMPAS.com - Brad Binder berhasil keluar menjadi juara di GP Austria. Pebalap KTM itu mengambil risiko dengan balapan di lap-lap akhir menggunakan ban kering.

Seperti diketahui hujan turun di tiga lap terakhir, rombongan depan termasuk Marc Marquez dan Francesco Bagnaia memutuskan untuk masuk pit dan menggunakan ban basah.

Baca juga: Marquez Tetap Senang Meski Gagal Menang di MotoGP Austria

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Sedangkan Binder memutuskan untuk menyelesaikan balap pakai ban kering. Pebalap Afrika Selata itu mengatakan, sesungguhnya dia juga takut apalagi trek sangat licin.

“Menakutkan,” katanya mengutip Tuttomoriweb.it, Senin (16/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ketika saya melihat hujan akan turun, saya mulai menghitung berapa detik per lap yang bisa saya hilangkan dengan tetap berada di luar dengan ban kering. Saya perlu mencoba. Pada lap pertama saya masih bisa mendorong banyak, tapi kemudian ban mulai drop dan saya sedikit takut,” katanya.

Selain risiko terjatuh karena aspal licin, Binder mengatakan rem tidak berfungsi baik karena terlalu dingin.

Kondisi ban Brad Binder di GP AustriaFoto: Kondisi ban Brad Binder di GP Austria

“Remnya dingin. Saya tidak punya lagi,” katanya.

"Seseorang membuat saya tetap berdiri hari ini, karena ada beberapa situasi di mana saya pikir itu sudah berakhir, tetapi ini adalah pertandingan kandang tim dan Red Bull, saya memutuskan untuk mengambil risiko ini dan itu terbayar pada akhirnya," katanya.

Soal balapan pakai ban kering di trek basah, Binder mengatakan dia cukup gila.

“Itu gila. Sudah lama saya tidak balapan seperti itu,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.