Salin Artikel

Akibat Salah Tarik Gas, Motor Matik Tersangkut Pagar Rumah Warga

Meski begitu, bukan berarti mengoperasikannya bisa asal juga. Sebab buka tutup gas dan rem pada skutik merupakan hal krusial. Kerap terjadi bukannya mengerem, karena panik justru melintir gas.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun instagram Agoez Bandz4, Kamis (12/8/2021). Dalam video tersebut terlihat pengendara motor wanita yang belum terlalu lancar mengoperasikan sepeda motornya, hendak melakukan putar balik.

Namun, pengendara tersebut justru memuntir gas hingga menabrak pagar rumah salah seorang warga, sampai akhirnya tersangkut.

Terkait hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang Agus Sani mengatakan, ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh pemula yang baru belajar naik motor skutik.

Agus melanjutkan, saat akan menjalankan motor usahakan agar tidak membuka gas secara spontan tetapi bertahap.

“Lakukan tahapan ini sampai kendaraan melaju dengan stabil,” kata dia.

Kemudian, tak sedikit pengendara motor matik menutup gas ketika melaju di jalanan menurun. Padahal, menurut Agus, jika hal itu dilakukan justru motor akan los, karena mesin tidak membantu proses pengereman.

Seperti diketahui, motor matik tidak memiliki engine brake layaknya motor manual yang bisa dimanfaatkan untuk proses pengereman.

Untuk itu, agar lebih aman saat menggunakan motor matik Agus menyarankan agar pengereman dilakukan secara bersamaan antara rem belakang dan rem depan.

“Usahakan untuk selalu mengerem dengan keduanya (rem depan dan belakang) agar pengereman lebih efektif,” ucapnya.

Agus juga mengatakan, saat pengendara sudah menguasai buka tutup gas dengan baik dan benar sebaiknya jari tangan tidak perlu menempel pada tuas rem.

“Jika sudah menguasai buka tutup gas dngan baik, maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu standby di tuas rem kanan dan kiri,” kata Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/13/072200015/akibat-salah-tarik-gas-motor-matik-tersangkut-pagar-rumah-warga

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.