Yamaha Rancang Suara Buatan pada Motor Listrik

Kompas.com - 10/08/2021, 17:21 WIB
Motor listrik konsep Yamaha E01 di Tokyo Motor Show 2019 Dok. Rideapart.comMotor listrik konsep Yamaha E01 di Tokyo Motor Show 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perbedaan paling signifikan antara motor listrik dengan motor bermesin konvensional adalah suara yang dihasilkan. Motor listrik jauh lebih senyap.

Selain tidak menghasilkan polusi udara, motor listrik juga tidak menimbulkan polusi suara. Namun, di sisi lain, kondisi tersebut juga berdampak negatif.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Makin Dekat ke Tahap Produksi

Sebagian orang berpendapat bahwa tidak adanya suara pada kendaraan dapat menyebabkan kecelakaan. Sebab, pengguna jalan lainnya bisa tidak menyadari keberadaan kendaraan tersebut.

Alat penghasil suara buatan untuk motor listrik Yamaha yang diberi nama AliveDok. Visordown Alat penghasil suara buatan untuk motor listrik Yamaha yang diberi nama Alive

Dikutip dari Visordown.com, Selasa (10/9/2021), Yamaha mulai mengembangkan alat yang dapat menghasilkan suara buatan. Alat tersebut diberi nama "Alive".

Memilih suara mesin adalah hal lain, tapi bagaimana alat tersebut bekerja adalah hal yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menemukan solusi terbaik, insinyur bereksperimen dan mencari tahu suara dan nada mana yang paling baik dihasilkan saat pengendara menggunakannya, dan bagaimana suara dari kotak dapat diintensifkan oleh rangka dan komponen kendaraan.

Baca juga: Yamaha E01 Siap Jegal Honda PCX Electric

Teknologi seperti ini tentunya mau tidak mau harus dikembangkan. Apalagi, mengingat komitmen Yamaha dengan rencana masa depannya yang ingin menghasilkan kendaraan lebih ramah lingkungan.

Sementara Yamaha mengembangkan Alive, BMW Motorrad bekerja dengan Hans Zimmer untuk mencoba pendekatan yang berbeda. Selain itu, Kymco juga sudah melakukan hal serupa pada motor listriknya, RevoNEX dan Ionex.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.