Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Rancang Suara Buatan pada Motor Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perbedaan paling signifikan antara motor listrik dengan motor bermesin konvensional adalah suara yang dihasilkan. Motor listrik jauh lebih senyap.

Selain tidak menghasilkan polusi udara, motor listrik juga tidak menimbulkan polusi suara. Namun, di sisi lain, kondisi tersebut juga berdampak negatif.

Sebagian orang berpendapat bahwa tidak adanya suara pada kendaraan dapat menyebabkan kecelakaan. Sebab, pengguna jalan lainnya bisa tidak menyadari keberadaan kendaraan tersebut.

Dikutip dari Visordown.com, Selasa (10/9/2021), Yamaha mulai mengembangkan alat yang dapat menghasilkan suara buatan. Alat tersebut diberi nama "Alive".

Memilih suara mesin adalah hal lain, tapi bagaimana alat tersebut bekerja adalah hal yang berbeda.

Untuk menemukan solusi terbaik, insinyur bereksperimen dan mencari tahu suara dan nada mana yang paling baik dihasilkan saat pengendara menggunakannya, dan bagaimana suara dari kotak dapat diintensifkan oleh rangka dan komponen kendaraan.

Teknologi seperti ini tentunya mau tidak mau harus dikembangkan. Apalagi, mengingat komitmen Yamaha dengan rencana masa depannya yang ingin menghasilkan kendaraan lebih ramah lingkungan.

Sementara Yamaha mengembangkan Alive, BMW Motorrad bekerja dengan Hans Zimmer untuk mencoba pendekatan yang berbeda. Selain itu, Kymco juga sudah melakukan hal serupa pada motor listriknya, RevoNEX dan Ionex.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/10/172100015/yamaha-rancang-suara-buatan-pada-motor-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke