Bahaya Memasang Parfum Mobil di Kisi-kisi AC

Kompas.com - 07/08/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi parfum mobil di AC Ilustrasi parfum mobil di AC

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasangan parfum pada mobil merupakan salah satu upaya agar kendaraan tetap nyaman ketika digunakan karena absennya bau yang mengganggu. Apalagi jika tunggangan terkait sudah berusia cukup tua.

Namun ternyata tidak semua parfum mobil aman untuk digunakan. Beberapa jenis parfum mobil memiliki efek samping pada komponen. Sehingga sebaiknya pemilik berhati-hati dalam memasang pengharum ini.

Sebagai contoh, parfum yang harus ditempel pada kisi-kisi AC. Dikatakan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, prilaku tersebut memiliki dampak karena zat-zat kimia yang ada bisa secara mudah masuk ke evaporator.

Baca juga: Alasan Kenapa di Persimpangan Jalan Kerap Terjadi Kemacetan

Kondisi interior mobil Jeep Wrangler Rubicon yang menjadi mobil dinas Bupati Karanganyar.ari purnomo Kondisi interior mobil Jeep Wrangler Rubicon yang menjadi mobil dinas Bupati Karanganyar.

"Tidak disarankan meletakan pewangi di ventilasi AC, apalagi yang berbahan gel dan memiliki aroma buah yang asam. Bila terus menerus digunakan, itu lama-lama membuat bahan kimia di pewangi bisa terserap ke dalam evaporator AC," kata Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ketika zat-zat kimia dari parfum tersedot masuk ke evaporator, dampaknya adalah timbul kerak pada pipa yang berfungsi menyalurkan udara dingin ke kabin mobil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ambulans Kosong Bolehkah Dapat Prioritas di Jalan? Begini Aturannya

Bila kerak tersebut terus menumpuk, tentu supply udara dingin ke kabin akan berkurang. Ini yang membuat AC terasa kurang sejuk. Risiko terparahnya adalah bisa membuat kerusakan pada evaporator sehingga harus dibongkar.

"Cari parfum yang biasa saja, seperti yang digantung di atas spion tengah," kata Suparna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.