Perbandingan Mesin Avanza dan Confero, Siapa Lebih Bertenaga?

Kompas.com - 07/08/2021, 12:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comPerbandingan Toyota Avanza dan Wuling Confero belum usai. Kali ini kita bahas soal performanya jika disandingkan melalui data-data di atas kertas.

Pada dasarnya kedua mobil mengusung mesin serupa, yakni unit berkapasitas 1.500 cc 4-silinder yang turut dipakai merek lain di kelasnya.

Namun bedanya, Toyota Avanza datang dengan mesin 2NR-VE Dual VVT-i DOHC dengan kapasitas riil 1.496 cc, tenaganya mencapai 104 ps atau setara 102 tk dan torsi 136 Nm.

Baca juga: Suzuki S-Presso, Calon Penantang Raize dan Rocky Siap Masuk Indonesia

New Wuling Confero SKompas.com/Donny New Wuling Confero S

Sementara Wuling Confero S, mengusung mesin P-TEC dengan kapasitas 1.485 cc DOHC. Tenaganya lebih besar sedikit, yakni 107 ps atau setara 105 tk dan torsi maksimal 142 Nm.

Kedua mobil ini sama-sama memanfaatkan transmisi manual 5 percepatan yang ditransfer ke roda belakang.

Perbedaan ada pada transmisi otomatis. Jika Avanza punya pilihan transmisi otomatis 4-percepatan, sementara Confero S menggunakan transmisi ACT 6-percepatan.

Baca juga: Honda Resmi Luncurkan Civic Generasi Ke-11, Harga Mulai Rp 400 Jutaan

Daihatsu Xenia pakai mesin 1.500 Dual VVT-i milik Toyota Avanza Daihatsu Xenia pakai mesin 1.500 Dual VVT-i milik Toyota Avanza

Melihat data tersebut, bisa diketahui bahwa tenaga maupun torsi Confero S lebih besar ketimbang Avanza.

Namun belum bisa disimpulkan jika performa Confero lebih baik dari Avanza. Karena kita harus menghitung power to weight ratio.

Pasalnya, performa mobil saat melaju tidak bergantung pada mesin saja. Dengan tenaga yang relatif mirip-mirip, mobil yang berbobot ringan tentu akan melaju lebih cepat dibanding mobil yang bobotnya lebih berat.

Caranya dengan membagi tenaga yang dikeluarkan dengan bobot kendaraan tersebut. Sayangnya kedua mobil tidak menampilkan berat kendaraan pada spesifikasi resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.