Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Mesin Avanza dan Confero, Siapa Lebih Bertenaga?

Kompas.com - 07/08/2021, 12:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPerbandingan Toyota Avanza dan Wuling Confero belum usai. Kali ini kita bahas soal performanya jika disandingkan melalui data-data di atas kertas.

Pada dasarnya kedua mobil mengusung mesin serupa, yakni unit berkapasitas 1.500 cc 4-silinder yang turut dipakai merek lain di kelasnya.

Namun bedanya, Toyota Avanza datang dengan mesin 2NR-VE Dual VVT-i DOHC dengan kapasitas riil 1.496 cc, tenaganya mencapai 104 ps atau setara 102 tk dan torsi 136 Nm.

Baca juga: Suzuki S-Presso, Calon Penantang Raize dan Rocky Siap Masuk Indonesia

New Wuling Confero SKompas.com/Donny New Wuling Confero S

Sementara Wuling Confero S, mengusung mesin P-TEC dengan kapasitas 1.485 cc DOHC. Tenaganya lebih besar sedikit, yakni 107 ps atau setara 105 tk dan torsi maksimal 142 Nm.

Kedua mobil ini sama-sama memanfaatkan transmisi manual 5 percepatan yang ditransfer ke roda belakang.

Perbedaan ada pada transmisi otomatis. Jika Avanza punya pilihan transmisi otomatis 4-percepatan, sementara Confero S menggunakan transmisi ACT 6-percepatan.

Baca juga: Honda Resmi Luncurkan Civic Generasi Ke-11, Harga Mulai Rp 400 Jutaan

Daihatsu Xenia pakai mesin 1.500 Dual VVT-i milik Toyota Avanza Daihatsu Xenia pakai mesin 1.500 Dual VVT-i milik Toyota Avanza

Melihat data tersebut, bisa diketahui bahwa tenaga maupun torsi Confero S lebih besar ketimbang Avanza.

Namun belum bisa disimpulkan jika performa Confero lebih baik dari Avanza. Karena kita harus menghitung power to weight ratio.

Pasalnya, performa mobil saat melaju tidak bergantung pada mesin saja. Dengan tenaga yang relatif mirip-mirip, mobil yang berbobot ringan tentu akan melaju lebih cepat dibanding mobil yang bobotnya lebih berat.

Caranya dengan membagi tenaga yang dikeluarkan dengan bobot kendaraan tersebut. Sayangnya kedua mobil tidak menampilkan berat kendaraan pada spesifikasi resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com