Jangan Sembarangan, Tidak Semua Pelek Racing Bisa Pakai Ban Tubeless

Kompas.com - 07/08/2021, 12:21 WIB
Modifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 KOMPAS.com/RulyModifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini terdapat berbagai jenis pelek di pasaran yang dapat dipilih dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing mulai dari palang tiga, model jari-jari sampai bergaya racing.

Namun, tidak semua pelek bisa dikawinkan dengan ban tubeless yang memiliki model bibir ban berbeda. Sebab, ada beberapa bagian yang tidak mendukung.

"Umumnya pelek racing khusus ban tubeless memiliki tulisan 'For Tubeless' atau kode MT sebelum lebar peleknya. Tapi kalau tidak, ya berarti tidak bisa spesifikasinya berbeda," kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Catat Syarat dan Cara Bayar Pajak Kendaraan Tahunan

Pelek mobil flow formingFoto: Istimewa Pelek mobil flow forming

"Pemilihan pelek itu disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau untuk penggunaan harian, pilihnya jangan sport khusus di sirkuit," lanjut dia.

Lebih jauh, ia menyatakan kode MT itu menandakan pelek racing bisa untuk tubeless misalnya MT1.65. Kode ini bukan sembarangan karena pabrikan pelek pun tidak berani memasang ban tubeless jika tidak ada kode itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila ada pemilik yang nekat memasang ban tubeless padahal peleknya tidak cocok, biasanya akan mendapati ban tubeless yang baru saja dibelinya bocor halus.

"Itu karena memang penggunaan pelek yang dipilih bukan untuk harian," ujar Hariadi.

Baca juga: Putaran Mesin Mobil Saat Idle Terlalu Rendah, Apakah Bermasalah?

Honda Mobilio salah satu model yang memiliki keterbatasan untuk mengganti pelek racingKompasOtomotif-Aris Harvenda Honda Mobilio salah satu model yang memiliki keterbatasan untuk mengganti pelek racing

Jadi, jangan heran bila ban tubeless bocor halus jika dikenakan di mobil atau sepeda motor yang memakai pelek racing. Agar terhindar dari masalah serupa gunakanlah pelek sesuai rekomendasi pabrikan.

Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena ternyata sampai saat ini beberapa pedagang pelek aftermarket juga belum tahu mengenai hal tersebut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.