Bagaimana Menyikapi Ambulans Kosong yang Minta Prioritas Jalan?

Kompas.com - 04/08/2021, 15:21 WIB
Mobil diduga halangi ambulans. Foto: Tangkapan layar Mobil diduga halangi ambulans.

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu tersebar sebuah video yang memperlihatkan ambulans yang dihalangi mobil sedan. Awak ambulans pun merekam aksi tersebut dengan maksud mem-viralkan mobilnya yang dihalangi.

Dikutip dari Megapolitan Kompas.com, awak ambulans sebenarnya bukan dalam kondisi darurat. Namun mereka mengaku sedang dalam perjalanan untuk mengambil tempat tidur ambulans di daerah Parung, Kabupaten Bogor.

Melihat kejadian seperti ini, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, sopir dan awak ambulans sudah melakukan penyalahgunaan aturan (abuse of policy).

Baca juga: Alasan Karoseri Mulai Rakit Lagi Bus Single Glass

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tangsel Momen (@tangselmomen)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi dia menyalahgunakan hak prioritas yang diatur pada UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 134. Sopir dan awak ini secara hukum sebenarnya harus ditindak,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

Namun di jalan raya, pengguna jalan lain tetap wajib memberi jalan kepada ambulans, baik sedang membawa pasien atau kosong. Alasannya, bisa saja ambulans kosong tersebut memang bertujuan menjemput pasien, atau harus kembali ke rumah sakit untuk stand by.

Sementara pada kasus yang terjadi tersebut, ada kesalahpahaman. Mobil sedan sedang mencari ruang gerak untuk bermanuver ke kiri dan memberikan kesempatan kepada ambulans. Namun ambulans tersebut diduga tidak sabar, hingga merekam video dan kemudian viral.

Akan tetapi, bila kembali lagi ke aturan yang sudah ada, ambulans termasuk kendaraan yang dapat prioritas di jalan.

“Kita kan enggak tahu, jadi asumsikan ketika mendengar sirine hidup, seluruh pengguna jalan harus memberi prioritas kepada mereka,” kata Jusri.

Baca juga: Bulan Terakhir PPnBM 0 Persen, Ini Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross per Agustus 2021

Jusri menanggapi kejadian ini adalah cerminan etika dan empati pengguna jalan. Masih banyak pengguna jalan yang tidak peduli ketika ada ambulans yang mau lewat.

“Sedangkan perilaku sopir ambulans yang menyalahgunakan prioritasnya juga bukan yang pertama kali terjadi. Ini menyangkut etika, kesadaran petugas ambulans, sama saja dengan perilaku korupsi di jalan,” ucapnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.