Jangan Menantang Maut, Ini Risiko Cornering di Jalan Raya

Kompas.com - 29/07/2021, 15:25 WIB
Kecelakaan motor dan mobil di Cikajang INSTAGRAM/DASHCAMINDONESIAKecelakaan motor dan mobil di Cikajang

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video diunggah oleh akun Dashcam Indonesia di Instagram memperlihatkan kecelakaan antara motor dan mobil di sebuah tikungan di daerah Cikajang, Garut.

Motor berjalan dengan cukup kencang dan dengan bergaya miring-miring atau cornering. Namun sayangnya, di tikungan tersebut motor kehilangan grip ban depan lalu jatuh dan menabrak mobil dari arah berlawanan.

Melihat kejadian tadi, bisa dibilang pengemudi mobil sangat apes, sudah mengemudi dengan benar namun malah tertabrak motor yang terjatuh dari arah berlawanan. Semakin jelas kalau bahaya di jalan bisa datang dari orang lain.

Baca juga: Sering Disepelekan, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Tranmsisi Cepat Rusak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, kecelakaan memang banyak terjadi di tikungan, hal ini dikarenakan titik buta (blind spot) yang besar, banyak debu, licin, dan sering digunakan pengendara motor untuk cornering.

“Jadi tertib saja masih kurang, harus ditambah dengan waspada. Artinya, ketika melewati tikungan, harus kurangi kecepatan dan melakukan komunikasi (klakson atau lampu),” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Rp 70 Jutaan, Ada Lancer sampai Accord

Sony menjelaskan, mengurangi kecepatan adalah langkah antisipasi yang dilakukan pengemudi untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

Selain itu juga bisa menjadi bahan pertimbangan pihak kepolisian yang meringankan pengemudi jika ada korban.

“Komunikasi seperti klakson dan lampu juga salah satu upaya memberitahukan kepada pengemudi lain bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan,” kata Sony.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.