Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2021, 09:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban adalah komponen vital pada sebuah roda mobil. Karet pembungkus ini jadi satu-satunya komponen yang menyentuh permukaan jalan saat mobil melaju.

Memasang ban ke pelek terkadang jadi pekerjaan yang sulit, apalagi jika tidak menggunakan bantuan pelumas. Pelumas bertujuan agar permukaan ban yang menyentuh pelek jadi lebih licin dan memudahkan ban terpasang pada pelek.

Dalam beberapa kesempatan, masih umum ditemukan orang menggunakan oli bekas sebagai pelumas untuk memudahkan memasang ban.

Padahal, penggunaan oli atau pelumas berbahan minyak berisiko merusak pelek dan ban itu sendiri.

Baca juga: Wajib Tahu, Hitungan Interval Jarak Tiap Rest Area di Jalan Tol

Ilustrasi pelek mobil.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ilustrasi pelek mobil.

Ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal menjelaskan risiko penggunaan oli sebagai pelumas untuk memasang ban.

"Oli dan detergen mengandung bahan kimia yang akan merusak ban maupun permukaan bagian hump pelek, yaitu bagian yang menopang ban di pelek. Terutama untuk pelek dari besi lebih merusak lagi," kata Zulpata menjelaskan.

Dalam kesempatan yang berbeda, Tire & Rim Consultant Bambang Widjanarko turut sepakat akan hal tersebut. Ia mengungkapkan bahwa selain membentuk kerak pada pelek, oli atau pelumas berbahan minyak lainnya bisa merusak kualitas ban.

Baca juga: Angkutan Umum Ilegal Ikut Menyumbang Penyebaran Covid-19

Ilustrasi mounting paste Ilustrasi mounting paste

"Sangat tidak disarankan menggunakan pelumas jenis oli pada saat memasang atau melepas ban dari pelek. Pertama, karena ban tidak baik jika terkena oli. Kedua, oli akan membuat kotor pelek," ujar Bambang.

Lantas material apakah yang aman untuk membantu memudahkan pekerjaan memasang ban ke pelek tanpa merusaknya?

Bambang menyarankan untuk menggunakan bahan bernama mounting paste dalam membantu pemasangan ban pada pelek. Ia menuturkan wujud mounting paste ini seperti semir sepatu yang padat.

Penggunaannya pun mudah. Berbekal kuas, mounting paste dioleskan pada permukaan dalam ban guna memudahkannya terpasang pada pelek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com