Mobil Terlalu Lama Parkir, Jangan Lupa Cek Volume Air Aki

Kompas.com - 22/07/2021, 13:12 WIB
Aki mobil basah SuparnaAki mobil basah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi mengumumkan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 25 Juli 2021. Dengan begitu, mobil pribadi yang parkir selama hampir 3 pekan memang jadi jarang digunakan.

Meski demikian, tetap perlu melakukan perawatan. Salah satu komponen yang cukup vital adalah aki mobil, khususnya bagi yang masih menggunakan aki basah.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, untuk tetap menjaga aki tetap baik adalah memastikan airnya berada di tengah-tengah batas yang diperbolehkan.

Baca juga: Penyekatan dan Penutupan Jalan di Solo Diperpanjang sampai 25 Juli 2021

“Jangan sampai di atas upper maupun di bawah batas terendah atau lower,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/7/2021).

Tambah air aki mobilSuparna Tambah air aki mobil

Jika volume air aki tidak sesuai dengan yang direkomendasikan, tentunya akan berdampak negatif bagi kendaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau air terlalu banyak atau melebihi batas maksimal, maka akan terjadi penguapan saat digunakan, ini bisa menyebabkan terjadinya korosi pada komponen lainnya,” ucap Suparna.

Baca juga: Rombak Total Motor Bebek Matik Honda Revo AT Jadi Monkey

Sebaliknya, jika aki kekurangan cairan pun juga berbahaya. Hal ini disebabkan karena elemen yang ada di dalamnya jadi tidak terendam sepenuhnya.

“Sehingga, kinerja aki menjadi tidak optimal,” kata dia.

Oleh sebab itu, Suparna menyarankan agar volume air aki tetap terjaga berada di tengah-tengah dari batas atas dan juga batas bawah.

“Yang paling bagus ya tetap di tengah-tengah, jangan terlalu banyak atau kurang,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.