Bos Suzuki Buka Suara Soal 2 Pebalapnya Melempem di MotoGP 2021

Kompas.com - 22/07/2021, 07:42 WIB
Shinichi Sahara Foto: Suzuki-MotoGP.comShinichi Sahara

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Suzuki Ecstar tampil gemilang musim lalu. Dua pebalapnya berada di puncak. Joan Mir merebut gelar Juara Dunia sedangkan Alex Rins di posisi ketiga.

Tapi pada musim 2021 berubah. Sampai tengah musim berjalan, Mir tak mampu bersaing dengan Fabio Quartararo. Sedangkan kondisi Rins lebih buruk, mengalami empat kecelakaan beruntun.

Shinichi Sahara, pemimpin proyek Suzuki MotoGP mengatakan, Suzuki terus mengalami kemajuan dibanding musim lalu, tapi di saat bersamaan lawan lebih tangguh.

Baca juga: PPKM Level 4, Ini Cara Mudah Rawat Jok Mobil Sendiri

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, finis ketiga pada MotoGP Italia 2021 di Sirkuit Mugello, Minggu (30/5/2021). AFP/TIZIANA FABI Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, finis ketiga pada MotoGP Italia 2021 di Sirkuit Mugello, Minggu (30/5/2021).

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya pikir kami tidak dapat mengeluarkan potensi performa maksimal kami. Kami memiliki beberapa situasi yang tidak menguntungkan dalam kualifikasi dan balapan. Khususnya dengan Rins, yang telah jatuh berkali-kali," katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Rabu (21/7/2021).

"Selain itu, saingan kami menjadi sangat kuat. Kami telah meningkat, tetapi persaingan telah berkembang pesat. Sejujurnya, tidak mudah bagi kami untuk mempertahankan tingkat daya saing," kata Sahara, melanjutkan.

Untuk itu pihaknya sedang berbenah. Sahara mengatakan, akan ada inovasi teknis di sisa musim.

Ya, para insinyur di pabrik bekerja sangat keras untuk mengurangi kesenjangan dan meningkatkan di paruh kedua musim. Saya berharap kami akan memiliki suku cadang baru untuk motor kami sesegera mungkin," katanya.

Baca juga: Mengenal Truk dengan Warna Khasnya

Alex Rins saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Alex Rins saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Sejauh ini Mir memang belum menunjukkan penampilan terbaiknya. Motor Suzuki GSX-RR kalah saing dengan kompetitor.

"Joan memiliki konsistensi yang baik dan cepat. Dia memiliki beberapa situasi yang tidak menguntungkan di kualifikasi," kata Sahara.

"Terkadang harus berjuang dengan kurangnya grip dan kami perlu membuat kemajuan di area ini. Bagian-bagian baru akan membantu penampilannya," katanya.

Sahara yang ditinggal Davide Brivio, Manager Suzuki Ecstar ke Formula 1 pada 2021 itu mengatakan, untuk Rins dia percaya akan kembali tampil ke tingkat terbaiknya.

"Alex jatuh empat kali, setiap kali dia berada di grup depan. Dia cepat dan bisa bertarung untuk podium. Saya pikir di paruh kedua musim ini dia akan 100 persen kompetitif," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.