Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Biaya Perawatan Wuling Almaz RS sampai 100.000 Km

Kompas.com - 21/07/2021, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Almaz RS merupakan sport utility vehicle (SUV) canggih yang memiliki harga terjangkau di dalam negeri. Tidak heran, dalam debut perdananya mobil ini mendapat sambutan positif.

Lebih jauh, Almaz RS memiliki tampilan yang gagah dan modern dengan ragam sentuhan futuristik nan canggih. Bahkan, pemilik bisa koneksikan mobil dengan ponsel.

Atas kecanggihan tersebut, membuat sebagian calon pembeli khawatir dalam melakukan perawatan rutinnya. Sebab, semakin canggih suatu kendaraan maka biaya yang dikeluarkan juga akan semakin besar.

Lantas, berapa kira-kira biaya perawatan Almaz RS selama 5 tahun?

Baca juga: Memakai Kepintaran Wuling Almaz RS pada Penggunaan Sehari-hari

Wuling Almaz Rising Star (RS). SUV dengan banderol Rp 350 jutaan ini ditawarkan dengan fitur melimpahKompas.com/Setyo Adi Wuling Almaz Rising Star (RS). SUV dengan banderol Rp 350 jutaan ini ditawarkan dengan fitur melimpah

Berdasarkan informasi yang tertera pada buku manual mobil dan telah dikonfirmasi ke pihak Wuling Indonesia, perawatan Almaz RS mencapai Rp 10 jutaan selama 100.000 km atau 5 tahun untuk tipe tertingginya (CVT).

Secara rinci, biaya yang dikeluarkan konsumen saat servis pertama atau 5.000 Km ialah sebesar Rp 526.910. Alokasi biaya tersebut untuk pemeriksaan dan inspeksi awal mobil baik dari kaki-kaki sampai mesin.

Harga di atas juga sama saat servis 10.000 Km, 20.000 Km, 50.000 Km, 70.000 Km, dan 100.000 Km atau servis ringan. Bedanya, jelang masuk ke usia 5 tahun pemakaian terdapat biaya tambahan jasa Rp 280.000.

Adapun biaya servis termahal Almaz RS terdapat di kelipatan 40.000 Km karena ada penambahan penggantian busi, filter bensin, sampai radiator coolant (servis besar).

Baca juga: Uji Konsumsi BBM Wuling Almaz RS di Dalam Kota

Interior Wuling Almaz RSKOMPAS.com/Ruly Interior Wuling Almaz RS

Pada periode tersebut, biaya servisnya adalah Rp 1.447.910 dengan tambahan biaya jasa sebesar Rp 500.000 khusus di servis 80.000 Km.

Namun rincian biaya tersebut belum termasuk penggantian komponen yang rusak selama pemakaian dalam periode tertentu ataupun karena kecelakaan.

Dari data itu, maka biaya kepemilikan lima tahunan Almaz RS masih cukup terjangkau meskipun fitur yang tersaji sudah canggih. Tetapi bila dibandingkan SUV di kelasnya, memang biaya yang dikeluarkan sedikit lebih mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com