Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda CRF150L Jadi Incaran Maling, Ingat Lagi Soal Kunci Tambahan

Anggapan itu tidak salah tapi tidak sepenuhnya benar. Sesuai jargon "Bang Napi" kejahatan tercipta karena ada niat dan kesempatan. Karena itu semua jenis motor bisa saja jadi incaran maling.

Seperti dalam video yang diunggah akun Instagram Jabodetabek Terkini. Terlihat maling membawa kabur Honda CRFL yang terparkir di depan mini market.

"Terekam cctv pencurian sepeda motor Honda CRF plat B 3225 EPN Di Alfa Meruyung Limo Depok, kondisi toko lagi sibuk kedatangan barang, kejadianya sekitar pukul 08.00 WIB, Minggu, 18/07/21," tulis akun tersebut.

Melihat usaha dan kreativitas maling untuk menggasak motor, maka sebagai pemilik juga mesti lebih ekstra lagi menjaga motornya.

Apalagi kata Mukti, Technical Service Function (TSF) Main Dealer Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, secanggih apapun sistem pengamanan motor tetap punya peluang kemalingan.

Saat ini seluruh produk motor Honda sudah dilengkapi keamanan tambahan menggunakan tutup magnet lubang kunci. Tapi masih saja banyak kasus motor yang kemalingan.

“Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda di area lain misal kunci disc, alarm dan sebagainya,” katanya belum lama ini.

Mukti mengatakan, tambahkan kunci pengaman yang bisa dibeli, berupa kunci disc, kunci tuas rem, bahkan gembok yang dapat diaplikasikan di gir untuk motor yang pakai rantai.

Selain itu ada baiknya kata Mukti, untuk memperlambat upaya pencurian dengan membalik setang motor yang biasanya ke kiri menjadi ke kanan.

“Ketika parkir membalikan setang motor ke arah kanan bisa menambah waktu pencurian namun tetap dapat diakali oleh pencuri,” katanya.

Saat ini beberapa model premium Honda sudah menggunakan sistem keyless alias tanpa anak kunci sehingga motor tidak memiliki lubang kunci stater.

“Jalan terbaik demi mengamankan sepeda motor, perlu ketelitian dan rasa waspada pemilik kendaraan,” kata Mukti.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/18/162100015/honda-crf150l-jadi-incaran-maling-ingat-lagi-soal-kunci-tambahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke