Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Ingatkan Lagi Penggantian Inflator Airbag, Ini Daftarnya

Kompas.com - 18/07/2021, 10:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia terus mengingatkan para konsumen atau pemilik kendaraan terkait untuk memeriksa inflator kantung udara (airbag) agar menambah keamanan dan kenyamanan saat berkemudi.

Pasalnya, bagian tersebut harus diperbaiki karena potensi masalah serius, setelah distributor atau vendornya mengumumkan terdapat kendala dalam proses produksi.

Namun tidak semua produk memerlukan penggantian inflator, hanya produksi dan nomor rangka tertentu saja.

Di antaranya, Camry 2002-2004, Vios 2006-2013, Corolla 2001-2013, Yaris 2006-2013, Nav1 2012-2016, dan Alphard 2010-2014.

Baca juga: Kabar Road Map Kemenhub soal Mobil Listrik bagi Operasional Pemerintah

Airbag Inflator, komponen yang diganti dalam recall airbag Takataibtmes.com Airbag Inflator, komponen yang diganti dalam recall airbag Takata

"Kenapa penggantian ini penting? Hal tersebut terkait dengan fungsi kantung udara itu sendiri sebagai piranti keselamatan. Lebih jauh, untuk mencegah kemungkinan terjadinya serpihan logam keluar saat airbag mengembang," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Sabtu (18/7/2021).

Sebab, lanjut dia, kondisi tersebut dapat menyebabkan cedera serius pada pengguna kendaraan hingga menyebabkan hilangnya nyawa.

Kampanye ini merupakan salah satu upaya Toyota untuk selalu memastikan kendaraan para customer berada pada standar keselamatan yang tinggi.

Sehingga, seluruh penggantian ditanggung pihak produsen alias tanpa dipungut biaya tambahan dari konsumen atau penggunanya.

"Untuk mengetahui apakah mobil Anda masuk ke dalam unit yang perlu diganti airbag inflator-nya cek di http://ssc.toyota.astra.co.id/. Setelah masuk situsnya maka silakan masukkan nomor rangka mobil Anda," kata Imansyah.

Baca juga: Ini Pentingnya Atur Tekanan Udara Ban Sepeda Motor

Toyota Camry baru dengan airbag lengkap.TAM Toyota Camry baru dengan airbag lengkap.

Diketahui, program bertajuk Special Service Campaign (SSC) ini sudah dilakukan sejak 2015, dengan memanggil konsumen melalui surat dan ini terus aktif menginformasikan, baik melalui saluran komunikasi seperti media massa hingga situs resmi Toyota.

Sepanjang 2017 lalu, seperti dilansir situs resmi Toyota, TAM terus mengingatkan efektivitas dengan melibatkan 320 jaringan Toyota di Indonesia, guna memastikan pelanggan yang terlibat, segera melakukan pemeriksaan dan penggantian kantung udara jika diperlukan.

Hingga akhir April 2018, tercatat 14.918 unit yang telah diperbaiki inflator airbag-nya di bengkel resmi Toyota," tulis Toyota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com