Bikers, Jangan Maksa Cari Tempat Adem Saat Berhenti di Lampu Merah

Kompas.com - 18/07/2021, 09:01 WIB
Ilustrasi pengendara motor berteduh di sisi jalan yang tidak terkena sinar matahari Latifa Alfira UlyaIlustrasi pengendara motor berteduh di sisi jalan yang tidak terkena sinar matahari

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada bulan Juli ini, Indonesia mulai memasuki masa musim kemarau. Di beberapa daerah, siang hari jadi waktu di mana terik matahari sedang panas-panasnya.

Bagi pengendara sepeda motor, tentu panas matahari di siang hari akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Apalagi jika sedang berhenti menunggu lampu merah di persimpangan.

Beberapa cara dilakukan pengendara sepeda motor agar tidak kepanasan saat menunggu lampu merah di tengah panas terik matahari siang hari. Salah satunya adalah mencari tempat berteduh seperti di bawah pohon.

Baca juga: Penyekatan di Jalan Tol Diperpanjang hingga 25 Juli 2021

Berteduh saat menunggu lampu merah pada siang hari memang wajar dilakukan, tapi harus tetap memperhatikan kondisi di sekitar.

Jangan sampai tindakan berteduh ini malah mengganggu lalu lintas atau pengguna jalan yang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi berteduh saat bermotorIstimewa Ilustrasi berteduh saat bermotor

Sebab masih kerap ditemukan pengendara sepeda motor berteduh di sisi kiri jalan, sementara rambu lalu lintas mengarahkan pengguna jalan yang hendak belok kiri untuk jalan terus tanpa menunggu lampu merah.

Menanggapi fenomena tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengingatkan agar pengendara sepeda motor tidak berteduh sembarangan.

Baca juga: Karoseri Adiputro Mulai Bikin Bus Single Glass

Ia menegaskan bahwa pengendara harus memastikan berhenti dan berteduh di titik yang aman dan tidak mengganggu laju kendaraan lain.

"Jangan sampai juga berhenti terlalu tengah, malah jadi celaka nantinya ditabrak dari belakang,” kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Potret pengendara sepeda motor berteduh saat menunggu lampu merah ketika siang hari.MUHAMMAD ALI MAHRUS Potret pengendara sepeda motor berteduh saat menunggu lampu merah ketika siang hari.

Agar tetap nyaman dalam berkendara pada siang hari, Agus menyarankan untuk selalu mengenakan riding gear atau perlengkapan berkendara yang sudah disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Baca juga: Mesin Mobil Diesel Dengan Turbo Tidak Boleh Langsung Dimatikan

Misal ketika cuaca panas terik, pakai jaket yang bisa menyerap angin sehingga badan tidak gerah. Hindari pula mengenakan pakaian berwarna gelap karena warna tersebut mampu menyerap panas dan membuat pemakainya merasa lebih cepat gerah.

“Usahakan juga untuk tidak berkendara di saat matahari sedang terik jika tidak dalam kondisi terpaksa. Jadi bisa mengubah jam perjalanan, menunggu cuaca tidak terlalu panas. Karena saat berkendara di cuaca terik, tubuh jadi mudah dehidrasi,” kata Agus menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.