Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikers, Jangan Maksa Cari Tempat Adem Saat Berhenti di Lampu Merah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada bulan Juli ini, Indonesia mulai memasuki masa musim kemarau. Di beberapa daerah, siang hari jadi waktu di mana terik matahari sedang panas-panasnya.

Bagi pengendara sepeda motor, tentu panas matahari di siang hari akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Apalagi jika sedang berhenti menunggu lampu merah di persimpangan.

Beberapa cara dilakukan pengendara sepeda motor agar tidak kepanasan saat menunggu lampu merah di tengah panas terik matahari siang hari. Salah satunya adalah mencari tempat berteduh seperti di bawah pohon.

Berteduh saat menunggu lampu merah pada siang hari memang wajar dilakukan, tapi harus tetap memperhatikan kondisi di sekitar.

Jangan sampai tindakan berteduh ini malah mengganggu lalu lintas atau pengguna jalan yang lain.

Sebab masih kerap ditemukan pengendara sepeda motor berteduh di sisi kiri jalan, sementara rambu lalu lintas mengarahkan pengguna jalan yang hendak belok kiri untuk jalan terus tanpa menunggu lampu merah.

Menanggapi fenomena tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengingatkan agar pengendara sepeda motor tidak berteduh sembarangan.

Ia menegaskan bahwa pengendara harus memastikan berhenti dan berteduh di titik yang aman dan tidak mengganggu laju kendaraan lain.

"Jangan sampai juga berhenti terlalu tengah, malah jadi celaka nantinya ditabrak dari belakang,” kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Agar tetap nyaman dalam berkendara pada siang hari, Agus menyarankan untuk selalu mengenakan riding gear atau perlengkapan berkendara yang sudah disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Misal ketika cuaca panas terik, pakai jaket yang bisa menyerap angin sehingga badan tidak gerah. Hindari pula mengenakan pakaian berwarna gelap karena warna tersebut mampu menyerap panas dan membuat pemakainya merasa lebih cepat gerah.

“Usahakan juga untuk tidak berkendara di saat matahari sedang terik jika tidak dalam kondisi terpaksa. Jadi bisa mengubah jam perjalanan, menunggu cuaca tidak terlalu panas. Karena saat berkendara di cuaca terik, tubuh jadi mudah dehidrasi,” kata Agus menambahkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/18/090100715/bikers-jangan-maksa-cari-tempat-adem-saat-berhenti-di-lampu-merah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke