Uni Eropa Larang Penjualan Mobil Mesin Bakar Internal Mulai 2035

Kompas.com - 13/07/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi emisi kendaraan. jillseymourukip.orgIlustrasi emisi kendaraan.

JAKARTA, KOMPAS.comUni Eropa berencana untuk melarang penjualan mobil konvensional atau yang menggunakan mesin pembakaran internal atau internal combustion engine (ICE) mulai 2035.

Menurut laporan Bloomberg yang dilansir Selasa (13/7/2021), komisi Uni Eropa telah meminta penurunan emisi mobil dari 65 persen pada 2030, menjadi 0 persen pada 2035.

Standar ini akan mencakup aturan yang mengharuskan pemerintah tiap negara untuk meningkatkan infrastruktur pengisian kendaraan listrik.

Baca juga: PPKM Darurat, Berikut Update Lokasi Penyekatan Jalan di Jabodetabek

Ilustrasi tempat pengecasan mobil listrik.PIXABAY.com Ilustrasi tempat pengecasan mobil listrik.

Seperti diketahui, Eropa bermaksud menjadi benua emisi nol bersih pertama di dunia pada 2050.

Sebelum itu terjadi, Eropa telah menetapkan target untuk mengurangi gas rumah kaca setidaknya 55 persen, sejak 1990 hingga 2030.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tidak ada jalan lain, mencapai emisi nol persen pada 2050 berarti menghentikan penjualan kendaraan pembakaran paling lambat pada 2035,” ujar Colin McKerracher, Head of Advance Transport Research for BloombergNEF.

Baca juga: Berkaca dari Kecelakaan Bus di Tol Pemalang, Ini Bahaya Berkendara di Lajur Kanan

Ilustrasi soket pengisian daya mobil listrik UNPLASH.com Ilustrasi soket pengisian daya mobil listrik

Menurut McKerracher, target pengurangan emisi gas buang tentu menjadi dorongan besar bagi pasar electric vehicle (EV) di Eropa.

“Meningkatnya komitmen EV dari merek otomotif baru-baru ini, mungkin juga menjadi indikasi bahwa mereka tahu target yang lebih ketat akan datang,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.