Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Desain SUV Kembar Daihatsu Rocky 1.2 dan Toyota Raize 1.2

Kompas.com - 12/07/2021, 14:34 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Si kembar TDaihatsu Rocky dan Toyota Raize varian 1.2 telah resmi mengaspal di Tanah Air. Kehadirannya pun langsung mendapat respon positif dari konsumen otomotif.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize merupakan produk kelima mobil kembar yang telah diproduksi oleh kedua pabrikan Jepang tersebut, setelah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Desain eksterior yang agresif dan tegas ditunjukan oleh kedua SUV kompak ini. Lantas, jika keduanya disandingkan, desain mana yang lebih menarik untuk dipinang?

Baca juga: Polda Metro Bakal Tambah Penyekatan PPKM Darurat di Daan Mogot

Secara dimensi, Daihatsu Rocky memiliki dimensi yang sama dengan Toyota Raize, yakni panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm, serta memiliki ground clearance sebesar 200 mm.

Daihatsu Rocky 1.2LDok. ADM Daihatsu Rocky 1.2L

Daihatsu Rocky 1.2L sudah disematkan berbagai aksesori beraksen krom di sekujur bodi Rocky. Kemudian ada aksen garis berwarna merah di bagian atas gril dan tambahan skid palet pada bagian bawah bumper.

Beralih ke bagian samping, terdapat over fender yang menyambung dari bumper depan ke bagian atas rumah roda.

Ditambah dengan aksesori berupa side body moulding dengan emboss ADS yang menunjukan bahwa mobil tersebut adalah varian 1.2L.

Sementara itu, desain Toyota Raize hampir sama dengan Rocky, hanya saja mengusung tampilan lebih sporty.

Bagian gril depannya mengusung desain trapesium yang agak mirip dengan bahasa desain Corolla Cross maupun RAV4 yang gagah.

Toyota Raize 1.2LTAM Toyota Raize 1.2L

Tanpa aksesori krom berlebihan, desain Raize terlihat berkelas dan tidak murahan. Di belakang mobil juga tampak minimalis, hanya ada emblem Raize.

Di kaca belakang juga sudah tersemat wiper, namun belum ada defogger. Raize juga telah dilengkapi sensor parkir dua titik mundur.

Sementara di bagian samping, tersemat juga overfender hitam seperti SUV kebanyakan yang sudah dilengkapi dengan spion yang sama milik Toyota Rush.

Adapun untuk antena mengusung model shark fin yang berada di bagian belakang.

Baca juga: Banyak Awak Bus AKAP Langgar Aturan PPKM Darurat di Surabaya

Baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize sudah mengandalkan lampu LED dan lampu kabut yang masih halogen. Keduanya juga menggunakan ukuran pelek yang sama yakni 16 inci.

Kesimpulan

Soal tampilan, kembali lagi pada selera masing-masing konsumen. Namun jika ingin memiliki tampilan mobil yang lebih sporty, Raize bisa menjadi pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com