Kompas.com - 05/07/2021, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Power window merupakan salah satu peranti elektrik yang memudahkan pengemudi dan penumpang untuk menaikan dan menurunkan kaca jendela.

Seiring pemakaian, power window juga bisa mengalami masalah seperti macet, kaca seret atau tidak lancar saat kondisi naik ataupun turun.

Untuk itu, berapa kira-kira ongkos perbaikan power window di bengkel spesialis?

Dody, Pemilik bengkel spesialis power window di Jalan Otista Raya, Jakarta Timur mengatakan, jika kerusakan akibat motor power window, biaya perbaikannya sekitar Rp 300.000, bisa lebih murah tergantung jenis mobilnya.

Baca juga: Diskon PPnBM Diperpanjang, Harga MPV Murah Kembali Turun di Juli 2021

“Biasanya karena motor power windorw yang bermasalah, ada karbon dan thermal switch yang ada di dalam motor power window yang harus diganti. Paling mahal biaya perbaikannya Rp 300.00,” kata Dody saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/7/2021).

Selain melayani perbaikan kerusakan power window, bengkelnya juga melayani pemasangan baru pengatur kaca tersebut.

Seorang teknisi tengah memperbaiki power window yang rusak di bengkel Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah (Jateng).Ari Purnomo Seorang teknisi tengah memperbaiki power window yang rusak di bengkel Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah (Jateng).

“Saya biasanya menyarankan konsumen untuk membeli mesin atau power windownya di e-commerce, baru nanti kita yang bantu pasang. Untuk biaya pasangnya di sini sekitar Rp 800.000,” kata Dody.

Baca juga: Ini Kata Aptrindo Soal Pengalihan Jalur Truk dari Pantura ke Jalan Tol

Meski begitu, untuk pemilik kendaraan yang ingin memasang power window harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu terutama pada bagian alur kaca pintu yang nantinya akan digerakkan menggunakan pengatur kaca otomatis.

Jika ditemukan ada kerusakan atau tidak sesuai maka akan dilakukan perbaikan terlebih dahulu. Sehingga, saat pengatur kaca otomatis dipasang bsia bekerja secara sempurna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.