Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rp 300 Jutaan, Hyundai Kenalkan Alcazar Calon Penantang CR-V

Kompas.com - 21/06/2021, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHyundai Alcazar yang telah dinantikan kehadirannya, kini sudah bisa dipesan secara daring. Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Hyundai turut mengumumkan harga jualnya.

Dilansir dari Autocar India, Alcazar bakal tersedia dalam dua pilihan mesin yang terbagi dalam konfigurasi 6 penumpang dan 7 penumpang.

Urusan harga, Alcazar tipe bensin dijual mulai 16,30 lakh atau setara Rp 318 jutaan sampai 19,85 lakh atau setara Rp 387 jutaan.

Baca juga: Kenapa Harga Mobil Matik Lebih Mahal Ketimbang Mobil Manual?

Hyundai Alcazar telah dikenalkan di Indiaautocarindia.com Hyundai Alcazar telah dikenalkan di India

Sementara itu, Alcazar bermesin diesel memiliki banderol 16,53 lakh atau setara Rp 323 jutaan sampai 19,99 lakh atau setara Rp 390 jutaan.

Hyundai mengklaim sejak awal Juni 2021 telah menerima 4.000 pemesanan, dengan komposisi 50:50 antara girboks manual dan matik.

Selain itu dari semua model yang dijual, versi 6 penumpang mengambil porsi 60 persen dan 40 persen sisanya versi 7 penumpang.

Baca juga: Bukan Dongeng, Pabrik Baterai Mobil Listrik LG Dibangun di Indonesia Juli 2021

Ilustrasi ruang interior Hyundai AlcazarPAULTAN.org Ilustrasi ruang interior Hyundai Alcazar

Alcazar bisa dibilang merupakan pengembangan dari Hyundai Creta, SUV 5 penumpang yang lebih dulu hadir di India.

Dibanding Creta, Alcazar terlihat lebih panjang berkat sumbu roda yang lebih panjang 150 mm (2.760 mm). Sementara secara lebar, keduanya kurang lebih sama.

Bicara soal mesin, Alcazar tipe bensin mengusung unit 2.000 cc bertenaga 159 tk dan torsi 192 Nm. Adapun mesin dieselnya berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 115 tk dan torsi 250 Nm.

Baca juga: Hasil MotoGP Jerman 2021, Akhirnya Marc Marquez Juara

Ilustrasi Hyundai AlcazarCARSCOOPS.com Ilustrasi Hyundai Alcazar

Mesin tersebut dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan.

Menariknya, Hyundai juga mengklaim konsumsi bahan bakar unit bermesin diesel yang mencapai 20,4 km per liter untuk girboks manual dan 18,1 km per liter untuk transmisi matik.

Jika masuk Indonesia, secara dimensi mobil ini bakal cocok bersaing dengan kompetitor di segmen medium SUV, yang telah diisi CR-V, HR-V, juga bisa menganggu segmen MPV menengah Innova.

Namun melihat harganya, Alcazar memang cenderung lebih mahal. Meski begitu, SUV ini jadi yang pertama yang menawarkan pilihan mesin diesel di segmen ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com