Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Efisiensi Operasikan Bus Double Decker Trayek Patas Cilacap-Yogya

Kompas.com - 15/06/2021, 12:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pada Juni 2021 ini, Perusahaan Otobus (PO) Efisiensi membuat kejutan dengan mengoperasikan kembali bus double decker untuk jalur patas trayek Cilacap-Yogyakarta.

Pengoperasian bus tingkat pada jalur patas ini hanya dilakukan pada periode waktu yang terbatas, yaitu 17-23 Juni 2021. Sebelumnya, Efisiensi juga telah mengoperasikan bus double decker untuk trayek Cilacap-Semarang.

Dilansir dari akun instagram resmi PO Efisiensi di @busefisiensi, Senin (14/6/2021), harga tiket bus double decker ini adalah Rp 50.000 untuk trayek Cilacap-Kebumen, Rp 50.000 Kebumen-Yogyakarta, dan Rp 85.000 Cilacap-Yogyakarta.

Baca juga: Cara Blokir STNK pada Kendaraan yang Sudah Dijual

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BUS EFISIENSI (@busefisiensi)

 

Tarif tiket tersebut berlaku baik untuk kursi dek bawah maupun dek atas. Waktu keberangkatan pukul 08.00 WIB dari Cilacap dan pukul 14.00 WIB dari Yogyakarta.

Bus milik Efisiensi ini menggunakan sasis Mercedes Benz OC500RF 2542 dengan mesin berkapasitas 11.967 cc. Untuk bodinya sendiri merupakan Jetbus 2+ Super Double Decker rakitan karoseri Adiputro.

Pada dek bawah, konfigurasi tempat duduk penumpangnya adalah 1-1 dengan jumlah total 5 kursi dengan fitur reclining atau bisa direbahkan, sandaran kaki, dan Audio Video on Demand (AVOD).

Baca juga: Skutik Bongsor Juni 2021, Diskon Yamaha Nmax dan Honda PCX Tembus Jutaan Rupiah

kursi pada dek bawah bus double decker milik PO Efisiensi yang beroperasi di jalur patas.ZCH1708/bus-truck.id kursi pada dek bawah bus double decker milik PO Efisiensi yang beroperasi di jalur patas.

Sementara untuk bagian atasnya, konfigurasi tempat duduk 2-2 dengan jumlah total 47 kursi. Seluruh kursi juga sudah bisa direbahkan namun tidak dilengkapi sandaran kaki. Fitur AVOD tersedia hampir di seluruh kursi kecuali pada kursi terdepan.

Keunikan dari unit bus double decker jalur patas milik Efisiensi ini adalah tidak adanya fasilitas toilet. Selain itu, tangga untuk naik ke dek atas diletakkan di bagian depan dekat pintu depan bus.

Efisiensi belum berniat menjadikan bus tingkat miliknya sebagai armada tetap untuk jalur patas karena bus ini juga terbuka untuk dicarter atau dipesan sebagai bus pariwisata.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com