Salin Artikel

Daftar 10 Mobil JDM Paling Buas yang Pernah Diproduksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para teknisi dan pabrikan mobil, selalu menantang dirinya untuk bisa membuat terobosan. Salah satunya adalah dengan membuat mobil terkencang yang pernah ada.

Mobil yang paling populer mungkin Nissan Skyline, yang dibekali mesin 6-silinder turbocharged. Tak jarang pabrikan Jepang bisa bersaing dengan supercar buatan Amerika atau Eropa.

Sayangnya, tidak sedikit mobil-mobil buas ini hanya dipasarkan khusus untuk domestik Jepang, atau istilahnya Japan Domestic Market, juga dikenal dengan singkatan JDM.

Berikut ini 10 mobil pabrikan Jepang terkencang yang pernah ada, dikutip dari Hotcars.com, Kamis (27/5/2021):

10. Lexus RC F Track Edition

Mobil ini dibekali mesin V8 5-liter yang mampu hasilkan tenaga hingga 472 tk. Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 km/jam dapat ditempuh hanya dalam waktu 4 detik.

9. Nissan R390

Nissan menghadirkan versi yang tidak terlalu kencang, meskipun menggunakan mesin yang sama juga untuk balap. Mesin ini mampu hasilkan tenaga hingga 550 tk. Mesin tersebut membuat R390 mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik.

Sayangnya, Nissan hanya membuat satu mobil untuk tujuan pengembangan. Mobil ini berakhir dengan disimpan di gudang atau dipajang untuk pameran.

Nissan menawarkan untuk membuatkan mobil yang sama apabila ada konsumen yang berminat dengan banderol 1 juta dolar atau sekitar Rp 14,2 miliar. Tapi, sampai sekarang Nissan belum menerima adanya pesanan yang masuk.

8. Toyota GR Supra

Untuk model GR Supra 2021, tenaga yang dihasilkan diklaim lebih luar biasa lagi. Mobil ini akan memiliki tenaga maksimum mencapai 382 tk dari mesin 3-silinder tersebut.

7. Nissan Skyline R34 GT-R Z Tune

Para teknisi Nismo menelanjangi dan membuat ulang tiap mobil secara manual. Sasisnya diperkuat, tapi bodi tidak ada perubahan. Mobil ini diklaim mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 3,8 detik.

6. Mitsubishi Lancer Evo X FQ440 MR

Sesuai namanya, tenaga yang dihasilkan mencapai 440 tk. Tenaga tersebut dihasilkan dari mesin 2-liter turbocharged 4-silinder. Layaknya model Evo lainnya, mobil ini juga tidak sempurna dan tetap mengalami turbo lag. Meski demikian, kemampuan akselerasinya untuk 0-100 km/jam tembus 3,8 detik.

5. Lexus LFA

Supercar dengan mesin depan ini menggunakan mesin Yamaha 4,8 imliter V10. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 553 tk yang dialirkan ke roda belakang. Dengan bantuan launch control, mobil ini mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 3,7 detik.

Hanya ada 500 unit LFA yang dibuat, termasuk edisi spesial yang dibekali dengan pilihan paket performa Nurbrugring.

4. Toyota GT-One

Toyota tidak pernah serius untuk mempertimbangkan GT-One untuk diproduksi secara massal. Ada dua unit yang dibangun dengan sisa suku cadang dari program balap. Versi road-legal mobil ini bermasalah pada ergonominya.

Tidak ada detail mengenai seberapa besar tenaganya. Namun, mesin 3,6 liter V8 diestimasikan menghasilkan sekitar 600 tk. Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 km/jam tembus 3,6 detik.

3. Yamaha OX99-11

Fase desain dan pengembangan awal yang bermasalah membuat Ypsilon Technology mengambil alih seluruh proyek untuk menghasilkan konfigurasi dua tempat duduk tandem yang direvisi, anak perusahaan tersebut kemudian menghasilkan tiga unit prototipe.

OX99-11 dibekali mesin Yamaha 3.5 liter V12 yang awalnya dikembangkan untuk F1. Namun, mesin tersebut dinilai lebih cocok untuk digunakan di jalan dibandingkan untuk kompetisi.

Mesin yang didesain oleh Zakspeed ini menghasilkan tenaga sebesar 400 tk. Berkat sasisnya yang hanya memiliki bobot 1.133 kg, mobil ini bisa melesat 0-100 km/jam dalam waktu 3,2 detik.

2. Acura NSX

Acura NSX memiliki performa yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya. Hanya butuh 2,7 detik bagi mobil ini untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam.

NSX generasi kedua yang diluncurkan pada 2016 dilengkapi dengan powertrain hybrid yang terdiri dari mesin V6 3,5 liter turbocharged dan tiga motor listrik untuk menghasilkan tenaga 573 hp. Tata letak Acura yang unik menawarkan keunggulan platform AWD tanpa bobot ekstra dari sistem konvensional.

1. Nismo GT-R Track Edition

Sebagai keturunan langsung dari Skyline, GT-R menggunakan resep yang sama dari mesin turbocharged bertenaga dan penggerak semua roda.

Inkarnasi terbaru dari Nismo performa tinggi GT-R yang dijuluki Track Edition ini menghasilkan tenaga hingga 600 tk dari mesin V6 3,8 liter yang dimodifikasi. Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 km/jam tembus 2,5 detik.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/28/114200715/daftar-10-mobil-jdm-paling-buas-yang-pernah-diproduksi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.